Mohon tunggu...
Sucahya Tjoa
Sucahya Tjoa Mohon Tunggu... Konsultan - Lansia mantan pengusaha dan konsultan teknik aviasi, waktu senggang gemar tulis menulis. http://sucahyatjoa.blogspot.co.id/

Lansia mantan pengusaha dan konsultan teknik aviasi, waktu senggang gemar tulis menulis. http://sucahyatjoa.blogspot.co.id/

Selanjutnya

Tutup

Otomotif Pilihan

Tiongkok Menjadi Pengekspor Mobil Terbesar Dunia Terutama Mobil Listrik

29 November 2022   18:50 Diperbarui: 8 Januari 2023   09:47 427
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Sejarah Industri Otomotif di Tiongkok

Selama bertahun-tahun, beberapa bidang industri di Tiongkok telah memasuki tahap baru perkembangan yang cemerlang, dan kendaraan energi baru EV atau mobil listrik adalah salah satunya.

Pertama-tama, disini perlu memperkenalkan sejarah gemilang perkembangan industri otomotif Tiongkok. Maka kita coba tilik mulai dari perkembangan nol menjadi satu. Pada tahun 1953, Tiongkok  memulai dari pabrik mobil Zhang Chun (China First Automobile Group Co., Ltd. disebut China FAW), dengan bantuan dari Uni Soviet, Zhang Chun membangun mobil OEM pertama. [Jadi ingat dengan polemik dan nasib mobil Asemka (Jokowi) dan EV/Mobil Listrik (Dahlan Iskan)]

Pada tahun 1958, Ketua Mao, pemimpin besar Tiongkok saat itu datang untuk melakukan inspeksi FAW. Pada sekitar 13 Februari 1958, setelah melakukan inspeksi dia mengatakan mengapa adanya hanya truk. Kapan kita bisa bisa duduk di mobil sedan buatan sendiri?

Pada bulan April 1958, FAW mulai mengatur penelitian tentang hal ini sebagai masalah utama, dan pada 21 Mei 1958, prototipe mobil pertama Tiongkok warna merah secara resmi dirilis, dan kemudian mobil ini dikendarai ke Zhongnanhai (kediaman resmi Mao dan pemimpin utama Tiongkok).

Pada pagi hari itu, sedan Dongfeng melaju ke Zhongnanhai. Mobil Dongfeng merah melaju mengitari halaman hijau selama dua putaran, dan berhenti dengan mantap di tempat Pintu terbuka, dan Mao Zedong melangkah keluar dari pintu mobil dengan wajah bahagia, dan berkata dengan gembira: "Oke! Masuk ke mobil kita sendiri !"

Mao dan pemimpin lainnya mencoba menumpang mobil ini. Mobil ini disebut sedan "Dongfeng Angin Timur)". Perlu diketahui bahwa mobil Dongfeng ini bukan perusahaan Dongfeng yang ada sekarang, tapi mempunyai arti berarti "angin timur mendorong angin barat" juga merupakan harapan yang tinggi untuk masa depan.

Sumber: biz.ifeng.com + www.sohu.com
Sumber: biz.ifeng.com + www.sohu.com

Pada akhirnya dari mulai nol menjadi satu dan tindak lanjut ke sistem nasional FAW (Pabrik Otomotif Pertama) Tiongkok mulai memiliki pabrik Otomotif Kedua  atau Pabrik Otomotif Kedua Nanjing.

Setelah lebih dari 30 tahun pengembangan, " mobil impian (Tiongkok) " yang dinanti-nantikan banyak orang Tiongkok selama bertahun-tahun akhirnya membuahkan hasil.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
  6. 6
  7. 7
  8. 8
  9. 9
  10. 10
  11. 11
Mohon tunggu...

Lihat Konten Otomotif Selengkapnya
Lihat Otomotif Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun