Mohon tunggu...
Sucahya Tjoa
Sucahya Tjoa Mohon Tunggu... Konsultan - Lansia mantan pengusaha dan konsultan teknik aviasi, waktu senggang gemar tulis menulis. http://sucahyatjoa.blogspot.co.id/

Lansia mantan pengusaha dan konsultan teknik aviasi, waktu senggang gemar tulis menulis. http://sucahyatjoa.blogspot.co.id/

Selanjutnya

Tutup

Politik Pilihan

Tiongkok Menjatuhkan Sanksi terhadap Nancy Pelosi Terkaitan Perjalanan ke Taiwan

7 Agustus 2022   18:17 Diperbarui: 7 Agustus 2022   18:26 471 11 2
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun

Tiongkok mengumumkan sanksi terhadap Ketua DPR AS Nancy Pelosi atas kunjungannya ke Taiwan, menjadikannya pejabat AS berpangkat tertinggi yang dijatuhi sanksi oleh Beijing.

Tiongkok tidak merinci apa sanksinya, tetapi tindakan sebelumnya telah membatasi individu memasuki Tiongkok, Hong Kong atau Makau, atau melakukan bisnis di sana. Pembatasan semacam itu kemungkinan besar akan menjadi simbol bagi Pelosi.

Tahun lalu, Beijing menjatuhkan sanksi kepada mantan Menlu AS Michael Pompeo, tepat saat Presiden Joe Biden dan pemerintahannya mengambil alih kekuasaan. Pompeo pernah mengunjungi Taiwan setelah tidak menjabat Menlu dipemerintahan AS dan mendapat sanksi dari Tiongkok.

Pada 5 Agustus waktu Beijing, Kemenlu Tiongkok secara resmi mengumumkan akan memberikan sanksi kepada Pelosi dan kerabatnya. Sanksi spesifik belum diumumkan, tetapi Kementerian Luar Negeri menggunakan lima kata "serius" berturut-turut dalam dokumen untuk menggambarkan dampak dari kelakukan Pelosi ke Tiongkok. Kali ini, sanksi terhadap Pelosi akan berat. dan Tiongkok menyatakan tidak akan membiarkan Pelosi begitu saja, tapi harus merasakan konsekuensi bertindak membahayakan kedaulatan nasional Tiongkok.

Padahal, sejak konferensi pers yang digelar Kemenlu Tiongkok pada 3 Agustus lalu, informasi terkait sanksi terhadap Pelosi sudah terungkap. Menurut laporan Bloomberg, pada konferensi pers Kemenlu Tiongkok hari itu, seorang reporter dari Bloomberg bertanya kepada Hua Chunying, juru bicara Kemenlu Tiongkok: Dapatkah Anda memberi kami rincian lebih lanjut tentang tindakan pencegahan yang mungkin dilakukan Tiongkok? , termasuk apakah itu termasuk Sanksi terhadap Taiwan atau Pelosi secara pribadi dan pejabat AS lainnya? Hua Chunying mengatakan bahwa apa yang seharusnya ada akan ada di sana, dan langkah-langkah yang relevan akan tegas, kuat dan efektif.

Benar saja, sanksi Tiongkok terhadap Pelosi segera datang. Beberapa orang pasti bertanya-tanya, mengapa tidak mengumumkan sanksi terhadap Pelosi pada 3 Agustus, hari dimana Pelosi melangkah ke panggung?

Hal ini mencerminkan semacam kearifan Tiongkok, jika Pelosi disanksi saat pergi ke Taiwan, diperkirakan Pelosi sendiri akan membuat pernyataan profil tinggi di media sosial atau media berita bahwa dia masih di Taiwan, Tiongkok, yang sangat mudah membuat Pelosi dan oknum-oknum "kemerdekaan Taiwan" itu semakin angkuh, maka setelah Pelosi meninggalkan Taiwan, sanksi baru dijatuhkan kepadanya agar tidak memberinya kesempatan untuk terus merasa sombong.

Sanksi terhadap Pelosi akan berdampak signifikan terhadap bisnis keluarganya di Tiongkok

Sumber: bbc.com
Sumber: bbc.com
Yang perlu diketahui, sanksi kali ini tidak hanya terhadap Pelosi sendiri, tetapi juga kerabat dan anggota keluarganya. Sanksi Tiongkok kali ini akan berdampak serius bagi keluarganya.

Di keluarga Pelosi, suaminya Paul Sr. dan putranya Paul Jr. sama-sama pengusaha. Dikatakan bahwa keluarga Pelosi dan perusahaan terkait telah menghasilkan banyak uang di Tiongkok dan memiliki bisnis di Tiongkok daratan, Hong Kong dan tempat-tempat lain.

Menurut berita Sputnik Rusia (5 Agustus 2022), Suami Nancy Pelosi, Paul Pelosi, pernah didakwa dengan DUI (Driving Under Influence/menyetir dalam keadaan mabuk).

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Politik Selengkapnya
Lihat Politik Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan