Mohon tunggu...
Sucahya Tjoa
Sucahya Tjoa Mohon Tunggu... Konsultan - Lansia mantan pengusaha dan konsultan teknik aviasi, waktu senggang gemar tulis menulis. http://sucahyatjoa.blogspot.co.id/

Lansia mantan pengusaha dan konsultan teknik aviasi, waktu senggang gemar tulis menulis. http://sucahyatjoa.blogspot.co.id/

Selanjutnya

Tutup

Pemerintahan Pilihan

Apa Dampak Penyerahan Rahasia Bisnis dan Daftar Inventaris Produsen Chip kepada AS?

18 November 2021   16:24 Diperbarui: 18 November 2021   16:39 436 5 1
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun

Dengan alasan menanggapi krisis chip global, AS meminta data dari perusahaan semikonduktor global pada 23 September, termasuk inventaris, kapasitas produksi, pengadaan bahan baku, penjualan, informasi pelanggan, dll.

8 November 2021 adalah batas waktu yang ditetapkan AS untuk meminta data dari perusahaan semikonduktor global. Menurut data dari situs web pemerintah AS, pada 8 November, lebih dari 70 entitas telah mengirimkan informasi tentang rantai pasokan semikonduktor ke Departemen Perdagangan AS, termasuk Amazon, Cisco, Micron Technology, TSMC, UMC, SK Hynix Korea Selatan, dan Solusi Semikonduktor Sony Jepang dan perusahaan terkenal lainnya.

Analis menunjukkan bahwa AS secara lisan berharap perusahaan dan industri akan bekerja sama "secara sukarela", yang sebenarnya merupakan pemintaan paksa, yang akan menyebabkan masalah bagi perusahaan yang bersangkutan dan menyebabkan kekhawatiran industri. Mereka semuanya khawatir dan gentar jika tidak mematuhi akan terjadi penangkapan dan penyaderaan personil mereka seperti Alstom dan Huwei.

Sumber: jiqizhixin.com
Sumber: jiqizhixin.com

Permintaan agresif pemerintah AS terhadap informasi jelas mempersulit perusahaan dan industri: menyerahkan informasi akan mengakibatkan kekayaannya menjadi terbuka, daya saingnya akan melemah, dan risiko melanggar perjanjian kerahasiaan kepada para pelanggan yang dapat digugat.

Paul Triolo, kepala kebijakan teknologi global di Eurasia Group, mengatakan bahwa perusahaan besar seperti Samsung dan TSMC tidak dapat menyerahkan data paling sensitif tentang pelanggan karena mereka biasanya menandatangani perjanjian kerahasiaan yang sangat ketat dengan pelanggan, sehingga banyak perusahaan mungkin data yang relevan akan "dikaburkan".

Situs web Departemen Perdagangan AS menunjukkan bahwa informasi yang disampaikan oleh perusahaan melibatkan jenis produk semikonduktor, kapasitas produksi, inventaris, pengadaan bahan baku, dll., dan informasi terkait rahasia dagang perusahaan tidak akan ditampilkan ke publik.

Tapi analisis media Korea percaya bahwa AS tidak hanya untuk memecahkan masalah krisis pasokan semikonduktor, tetapi memiliki ambisi yang lebih besar, maka setelah situasi kekurangan semikonduktor membaik, AS diperkirakan akan membuat tuntutan yang tidak masuk akal lainnya.

Sejak awal tahun ini, kekurangan semikonduktor global menjadi semakin menonjol, dan banyak pembuat mobil terpaksa menangguhkan atau mengurangi produksi karena "kekurangan chip". Atas nama menanggapi krisis chip global, Departemen Perdagangan AS mengeluarkan pemberitahuan pada 23 September 2021, yang mewajibkan perusahaan-perusahaan besar dalam rantai pasokan semikonduktor global untuk memberikan informasi yang relevan dalam waktu 45 hari, termasuk inventaris, kapasitas produksi, pengadaan bahan baku, penjualan, dan informasi pelanggan. 

Target pengumpulan informasi mencakup seluruh rantai pasokan semikonduktor, termasuk perusahaan desain dan manufaktur semikonduktor, pemasok material dan peralatan, perantara, dan pengguna akhir.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
  6. 6
  7. 7
  8. 8
  9. 9
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pemerintahan Selengkapnya
Lihat Pemerintahan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan