Mohon tunggu...
Sucahya Tjoa
Sucahya Tjoa Mohon Tunggu... Konsultan - Lansia mantan pengusaha dan konsultan teknik aviasi, waktu senggang gemar tulis menulis. http://sucahyatjoa.blogspot.co.id/

Lansia mantan pengusaha dan konsultan teknik aviasi, waktu senggang gemar tulis menulis. http://sucahyatjoa.blogspot.co.id/

Selanjutnya

Tutup

Transportasi Pilihan

Tiongkok Membangun Bandara Internasional Lepas Pantai Terbesar Dunia

5 November 2021   18:56 Diperbarui: 5 November 2021   19:04 390 2 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun

Tiongkok sedang membangun mega proyek yang sudah direncanakan dan mulai dibangun sejak 2012. Proyek ini mereklamasi 20,87 km2 laut lepas pantai menjadi pulau buatan, diperkirakan memakan waktu 13 tahun dan menelan biaya RMB 26,3 miliar (US$ 4,1 miliar) -- Dalian Jinzhouwan International Airport.

Jika bandara ini selesai akan  sebagai facad bandara Dalian, provinsi Liaoning yang akan menjadi hub penting antara Tiongkok, Jepang dan Korea Selatan.

Proyek ini mereklamasi laut dan darat, yang secara harfiah berarti mengubah wilayah laut dan pesisir asli menjadi daratan, yang merupakan salah satu cara efektif untuk memperluas ruang dan lahan di wilayah perkotaan. Cara ini biasa dilakukan pada wilayah kota-kota pesisir yang topografinya lebih banyak gunung dan kekurangan lahan datar.

Bandara ini dibangun di wilayah laut Teluk Jinzhou (Jinzhouwan), Kota Dalian, Provinsi Liaoning, Tiongkok, berjarak 18 kilometer dari Bandara Internasional Dalian yang sekarang Zhoushuizi, sekitar 23 kilometer dari pusat kota Dalian, dan jarak terpendek dari pantai berjarak sekitar 4,5 kilometer.

Sumber: baike.baidu.com
Sumber: baike.baidu.com
Areal reklamasinya berbentuk persegi panjang dengan panjang sekitar 6,54 kilometer dan lebar 3,5 kilometer. Total panjang cofferdam reklamasi adalah 21 km2. Luas areal reklamasi sekitar 21 km2. Merupakan hub penerbangan internasional kelas 4F.

4F adalah tingkat penerbangan bandara, di mana "4" mewakili panjang landasan pacu, yaitu sekitar 1800 meter atau lebih, dan "F" mewakili tingkat tertinggi dari jarak penyebaran maksimum dari dua sayap pesawat.

Bandara 4C, 4D, 4E, 4F... adalah tingkat zona penerbangan, yang diwakili oleh angka + huruf. Nomor menunjukkan panjang landasan pacu, dan "4" menunjukkan 1800 meter atau lebih. Huruf-huruf tersebut menunjukkan lebar sayap dan jarak sumbu roda pesawat yang dapat lepas landas dan mendarat, dari A ke F, semakin besar jadinya.

Saat ini, bandara 4F yang dibangun di Tiongkok adalah bandara tingkat tertinggi. Panjang peralatan bandara umum dibagi menjadi 1234, emapt tingkat, sehingga panjang landasan pacu yang diwakili oleh 4 itu berarti lebih dari 1.800 meter, dan F juga mewakili lebar sayap maksimum pesawat dan landing gear utamanya Jarak antara sisi luar roda luar umumnya dibagi menjadi A,B,C,D,E,F, 6 tingkat dari kecil ke besar, yang berarti F adalah tingkat tertinggi.

Sumber: Inlustrasi dari wukong.toutiao.com
Sumber: Inlustrasi dari wukong.toutiao.com
Fungsi Bandara dan Pesawat Komersial 

Sebagai alat transportasi tercepat di dunia, sejak lahirnya pesawat terbang telah membawa banyak kemudahan bagi kehidupan manusia. Dengan kemajuan zaman, berbagai fasilitas dan pelayanan pesawat terus ditingkatkan.

Saat ini, kota-kota yang terdapat bandara pesawat terbang dianggap sebagai kota yang relatif berkembang dengan ekonomi yang relatif maju. Kenyataan sekarang memang sudah sangat nyaman untuk terbang di kota-kota tingkat pertama dan kedua di Tiongkok.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
  6. 6
Mohon tunggu...

Lihat Konten Transportasi Selengkapnya
Lihat Transportasi Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan