Mohon tunggu...
Sucahya Tjoa
Sucahya Tjoa Mohon Tunggu... Konsultan - Saya seorang pengusaha dan konsultan teknik aviasi, waktu senggang gemar tulis menulis. http://sucahyatjoa.blogspot.co.id/

Saya seorang pengusaha dan konsultan teknik aviasi, waktu senggang gemar tulis menulis. http://sucahyatjoa.blogspot.co.id/

Selanjutnya

Tutup

Teknologi Pilihan

AS Memancing Tiongkok untuk "Perang Bintang" seperti Perang Dingin Dulu

27 Mei 2021   15:37 Diperbarui: 27 Mei 2021   15:46 546 3 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
AS Memancing Tiongkok untuk "Perang Bintang" seperti Perang Dingin Dulu
Sumber: zhuanlan.zhihu.com

The Associated Press melaporkan pada 22 Mei bahwa wahana Tiongkok Tianwen-1 mendarat di Mars pada 15. Mei 2021 Bagi negara yang melakukan misi ini untuk pertama kalinya, itu lebih sulit secara teknis daripada mendarat di bulan. Tiongkok menjadi negara kedua setelah AS yang berhsail mendarat dan mengerahkan penjelajah Mars di Planet Mars.


Sebuah laporan yang diterbitkan di situs BBC hari itu menyatakan bahwa penjelajah Tiongkok Zhurong telah meninggalkan platform pendaratan dan mencapai permukaan Mars, menambahkan bahwa "ini menjadikan Tiongkok negara kedua yang mengerahkan penjelajah di Mars setelah AS".

Situs web Jerman "Frankfurt Report" menerbitkan sebuah artikel yang mengatakan bahwa sepuluh bulan setelah peluncuran Tianwen-1, penjelajah Zhurong yang dibawa olehnya melakukan perjalanan di Mars untuk pertama kalinya. Ini menjadikan Tiongkok negara pertama yang mengorbit, mendarat di Mars, dan mengerahkan penjelajah di Mars selama penerbangan luar angkasa pertamanya ke Mars.

Kantor Berita Kyodo dan Kantor Berita Jiji secara terpisah melaporkan bahwa penjelajah Zhurong mulai menjelajahi permukaan Mars pada pagi hari 22 Mei 2021, dan Tiongkok menjadi negara kedua setelah AS yang berhasil menjelajahi permukaan Mars. Kyodo News mengatakan bahwa ini adalah pencapaian baru pembangunan Tiongkok menuju "negara kuat antariksa".

Pada 23 Juli 2020, misi eksplorasi Mars pertama Tiongkok, Tianwen-1, berhasil diluncurkan. Pada 15 Mei 2021, wahana Tianwen-1 berhasil mendarat di zona pendaratan yang telah dipilih sebelumnya di selatan Utopia Plain of Mars. Menurut Administrasi Luar Angkasa Nasional Tiongkok pada 22 Mei 2021, selama pengerjaan di permukaan Mars, penjelajah akan melakukan persepsi lingkungan, pergerakan permukaan Mars, dan eksplorasi ilmiah sesuai rencana.

Tiongkok Merilis Foto Pertama "Zhu Rong" dari Mars.


Kantor Berita Xinhua, Beijing, 23 Mei lalu, koresponden luar negerinya melaporkan: Penjelajah Zhurong berhasil dengan aman meninggalkan platform pendaratan pada pukul 10:40 pada 22 Mei waktu Beijing, mencapai permukaan Mars, dan mulai berpatroli dan menjelajah. Banyak media luar negeri telah memperhatikan peristiwa ini dan menyatakan bahwa "Tiongkok telah menjadi negara kedua setelah AS yang berhasil mendaratkan penjelajah Mars di Planet Mars."

Tampak depan menunjukkan tampilan depan rover "Zhurong" di pendarat, dan tampilan belakang menunjukkan panel surya Zhurong yang dibuka.

Penjelajah "Zhu Rong" yang dibawa oleh Mars Rover "Tianwen 1" berhasil mendarat di Mars pada pukul 7:18, 15 Mei 2021, waktu Beijing (23:18, 14 Mei, GMT).

Tiongkok menjadi negara kedua setelah AS yang berhasil mengirim penyelidikan ke Mars dan mengoperasikannya dalam waktu yang lama.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
  6. 6
  7. 7
  8. 8
  9. 9
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN