Mohon tunggu...
Sucahya Tjoa
Sucahya Tjoa Mohon Tunggu... Saya seorang pengusaha dan konsultan teknik aviasi, waktu senggang gemar tulis menulis. http://sucahyatjoa.blogspot.co.id/

Saya seorang pengusaha dan konsultan teknik aviasi, waktu senggang gemar tulis menulis. http://sucahyatjoa.blogspot.co.id/

Selanjutnya

Tutup

Pemerintahan Artikel Utama

Pandemi Covid-19 Mengubah Situasi Dunia, Apa Dampak terhadap Sospol AS?

31 Desember 2020   20:09 Diperbarui: 1 Januari 2021   18:26 641 4 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Pandemi Covid-19 Mengubah Situasi Dunia, Apa Dampak terhadap Sospol AS?
Photo by frank mckenna on Unsplash

Apa masalah sosial dan politik di A.S. pada saat terjadi perubahan besar dalam situasi dunia akibat pandemi Covid-19?

Ketika ketimpangan sosial terlalu menonjol, sistem check and balances tidak akan berfungsi. Ini adalah keadaan buruk AS saat ini.

Penyakit di AS tidak disebabkan oleh individu. Jika kita coba hanya menghubungkannya dengan satu orang, refleksi semacam ini terlalu dangkal.

Trump saat ini menghadapi kekalahan dalam pemilihan, apakah dia dapat menciptakan ketegangan internasional, inilah yang sangat dikhawatirkan oleh banyak orang.

Tahun ini pandemi Covid-19 telah menyerang manusia, dan setiap negara telah terpengaruh. Dapat dikatakan pandemi ini seperti "Perang Dunia Non-tradisional" pertama umat manusia. Pandemi Covid-19 dapat dikatakan sebagai "Cermin Ajaib" dalam cerita dongen.

Pandemi kali ini menjadi masalah serius bagi negara-negara seluruh dunia, juga merupakan suatu eksposer dan ujian bagi sistem kenegaraannya bagi semua negara.

Ada pakar yang berpandangan, melalui pandemi Covid-19, kita dapat lebih memahami Barat, Asia Timur atau budaya tradisional Barat dan budaya Konfusianisme Tiongkok atau orang timur.

Kita bisa lebih memahami AS sebagai perwakilan dari Barat dan Tiongkok sebagai perwakilan dari timur, seperti  kita semua tahu bahwa hubungan Tiongkok-AS telah memasuki periode saling "bertentangan" dalam permainan sejarah.

Seperti kita ketahui sekarang, AS adalah negara paling berpengaruh di dunia, kini banyak orang merenungkan AS dari sudut berbeda, tapi yang terpenting melihat tata kelola internal AS bagaimana?

Ada pengamat yang berpandangan bahwa di AS ada Amerika asli yang mewakili ekonomi riil. Ada lagi Amerika yang dimanipulasi oleh pemodal negara dan ini timbul sekitar tahun 1980an sejak "Revolusi Reagan". Amerika yang fiansial ini yang mungkin menyadera entitas AS.

Revolusi Reagan pada dasarnya mengacu pada perubahan dramatis dalam politik, ekonomi, dan masyarakat AS yang terjadi di bawah Pemerintahan Reagan antara tahun 1980 dan 1989. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
  6. 6
  7. 7
  8. 8
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x