Mohon tunggu...
Sucahya Tjoa
Sucahya Tjoa Mohon Tunggu... Saya seorang pengusaha dan konsultan teknik aviasi, waktu senggang gemar tulis menulis. http://sucahyatjoa.blogspot.co.id/

Saya seorang pengusaha dan konsultan teknik aviasi, waktu senggang gemar tulis menulis. http://sucahyatjoa.blogspot.co.id/

Selanjutnya

Tutup

Humaniora Pilihan

Menguak Fakta Sejarah Perang Perbatasan India-Tiongkok Tahun 1962 (2)

27 Juni 2020   16:35 Diperbarui: 27 Juni 2020   16:31 377 3 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Menguak Fakta Sejarah Perang Perbatasan India-Tiongkok Tahun 1962 (2)
Sumber: geni.com + kknews.cc

Unit ini adalah Brigade Infanteri ke-7 dari Divisi ke-4 India, dijuluki "Elang Merah". Unit ini terkenal di Divisi ke-4 Angkatan Darat India. Mereka termasuk dalam Tentara Inggris ke-8 dalam Perang Dunia II dan berpartisipasi dalam Pertempuran Alaman di Afrika Utara.

Pada saat itu, komandan pasukannya adalah Marsekal Montgomery yang terkenal, dan lawan mereka adalah pasukan elit Jerman yang dipimpin oleh Rommel.

Kali ini Brigade ke-7 "Divisi Elang Merah" dipindahkan ke perbatasan Tiongkok-India untuk menjalankan misi dengan kode operasi rahasia "Livorno" yang dirumuskan oleh Kementerian Pertahanan India.

Tujuan dari "Rencana Livorno" untuk melancarkan serangan terhadap tentara Tiongkok di Front Timur, mengubah Pegunungan Tagra di Tiongkok 11 kilometer di utara "Garis McMahon" menjadikan perbatasan nasional India yang sebenarnya. Salah satu dari perencana ini adalah PM India saat itu Jawaharlal Nehru.

Untuk mewujudkan rencana agresi yang ambisius ini, Nehru secara pribadi menunjuk Letjend. Brij Mohan Kaul, Kepala Staf Markas Besar Angkatan Darat India, sebagai komandan militer keempat. Sang jenderal yang tampan ini tidak tahu pada saat itu takdirnya akan sepenuhnya diubah oleh orang Tiongkok.

Perang Perbatasan India-Tiongkok Meletus

zhang-guohua-komandan-tempur-pla-perang-perbatasan-tiongkok-india-5ef7100f097f36154310ef87.png
zhang-guohua-komandan-tempur-pla-perang-perbatasan-tiongkok-india-5ef7100f097f36154310ef87.png

Sumber: baidu.com

Pada awal 1962, Zhang Guohua setelah mengikuti "Konferensi 7 Ribu Perwakilan"(Sidang Parlemen), terus tinggal di Beijing untuk mengobati penyakitnya (sakit jantung).

Namun pada bulan September perhatiannya terpusat pada perkembangan situasi perbatasan Tiongkok-India, selama periode ini, dia terus berbicara di telepon dan terus memberi tahu Komisi Militer Tibet dan Komando Militer Tibet tentang semangat instruksi Komisi Militer Pusat dan pendapat pribadinya.

Berdasarkan semangat pemerintah pusat dan pendapatnya, Wilayah Militer Tibet harus dengan cepat membentuk organisasi komando tempur yang cakap, Pos Komando Militer Untuk Maju Tempur dengan Kode Satuan 419.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
VIDEO PILIHAN