Sucahya Tjoa
Sucahya Tjoa

Saya seorang pengusaha dan konsultan teknik aviasi, waktu senggang gemar tulis menulis. http://sucahyatjoa.blogspot.co.id/

Selanjutnya

Tutup

Transportasi Pilihan

Bagaimana Industri Penerbangan Tiongkok Dapat Mengejar Ketertinggalan dari Barat dan AS?

12 Januari 2019   20:56 Diperbarui: 23 Januari 2019   09:49 892 1 1
Bagaimana Industri Penerbangan Tiongkok Dapat Mengejar Ketertinggalan dari Barat dan AS?
Sumber: The National Interest + www.youtube.com

Sejak tahun 2016 AS, Rusia, Prancis berlomba untuk membuat pesawat jet tempur generasi ke-6 (Gen-6), dan bagaimana industri penerbangan Tiongkok mengejar tantangan ini?

Setelah senjata laser dapat diinstalasikan di pesawat tempur, maka aturan dan strategi pertempuran akan terjadi perubahan dalam skala besar. Ratusan ribu bagian dan suku cadang pesawat harus melibatkan ribuan pabrikan.

Tiongkok yang baru mulai dengan membangun mesin pesawat dari nol, kiranya menghadapi kesulitan apa saja? Pada beberapa tahun lalu mengapa perkembangan pembuatan jet tempur Tiongkok begitu jauh tertinggal dengan pengembangan jet tempur India LCA, bagaimana tim pengembangan Tiongkok mengejar ketinggalan ini?

Tiongkok bisa berkembang dan berhasil hingga seperti hari ini, sebetulnya adalah maju satu langkah demi satu langkah, dengan ketekunan, dan kemauan yang keras dari tim R&D dan teknologi yang berdedikasi tinggi serta dukungan dari pemerintahnya..

Teknik pengisian bahan bakar di udara dan pesawat tanker untuk pengisian bahan bakar, merupakan pemilikan alautsista yang menjadi simbol kemampuan strategis penting bagi suatu negara saat ini.

Saat itu Wakil PM Rusia mengumumkan meskipun pesawat jet tempur T-50 belum dites selesai (kini sudah dan telah selesai dan beberapa pesawat Su-57 ditempatkan di Suriah), namun sudah melakukan pengembangan untuk jet tempur Gen-6.

Dan seperti Rusia, AS juga merencanakan untuk beberapa dekade yang akan datangnya. Akhir-akhir ini Grumman Corporation AS mengungkapkan skema pesawat jet tempur Gen-6 dalam sebuah video iklan. Yang menunjukkan militer AS jet tempur super-sonic yang menggabungkan senjata laser dan bersifat siluman (stealth).

Jauh beberapa tahun sebelumnya, AU-AS mengeluarkan speksifiikasi kebutuhan mereka sendiri untuk jet pesawat tempur Gen-6, meskipun Angkatan Laut dan Angkatan Udara AS memiliki persyaratan berbeda untuk pesawat tempur Gen-6. Tetapi mereka memiliki tujuan operasional yang sama, yaitu, untuk membantu militer AS bersaing untuk keunggulan udara dari medan perang masa depan.

Saat ini kita semua mengetahui pesawat jet tempur Gen-5 di seluruh dunia, masih belum benar-benar rapi dan sempurna, tapi mengapa AS dan Rusia begitu bersemangat untuk mengejar jet tempur Gen-6?

Kebutuhan Jet Tempur Gen-6 AS

Hal ini diketahui untuk keunggulan strategi AS untuk "menyeimbangkan kembali Asia-Pasifik" (kini strategi AS adalah "Indo-Pasifik" ) sehingga permintaan untuk jet tempur Gen-6 makin mendesak.

Dalam media dilaporkan: Menurut sebuah laporan penelitian yang dirilis oleh US RAND Corporation tahun 2015, lembaga think tank AS ini meyakini agar mempertahankan keunggulan militer AS untuk menjadi superioritas udara di atas Tiongkok dan mempertahankan status supremasi udara AS, mereka harus memiliki pesawat jet tempur keunggulan antar-generasi --- Jet Tempur Gen-6. 

Seperti yang sudah diketahui, militer AS mengharuskan pesawat jet tempur Gen-6 harus berkemampuan terbang lebih dari 3 kali kecepatan suara (hypersonic), dan jangkauan maksimum lebih dari 6.000 kilometer. Dalam hal senjata udara, jet tempur Gen-6 militer AS menginginkan harus dilengkapi dengan rudal serangan omnidirectional yang lebih canggih. Pertahanan Laser jarak dekat atau senjata gelombang mikro untuk membunuh lawan dalam jarak dekat, agar bisa memiliki keunggulan dan pertempuran udara secara penuh. 

Kebutuhan Jet Tempur Gen-6 Rusia

Dibandingkan dengan obsesi AS dalam supremasi udara, Rusia lebih cenderung memindahkan medan perang generasi ke-6 ke luar angkasa.

Pasawat Gen-6 yang dibutuhkan Rusia diperlukan untuk terbang di tepi atmosfer udara yang tipis, bahkan ada kemungkinan memasuki ruang angkasa dan terbang ke orbit.

Jepang

Selain AS dan Rusia, Jepang juga tidak mau ketinggalan dalm pengembangan pesawat jet tempur Gen-6.

Media melaporkan, Jepang bermaksud mengembangkan pesawat jet tempur Gen-6 --- F-3 yang didasarkan pada pesawat tempur "Shinshin", dan berencana untuk dioperasikan pada tahun 2035.

Negara-negara Eropa Barat

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
  6. 6
  7. 7
  8. 8