Mohon tunggu...
Maisaroh Rahmawati
Maisaroh Rahmawati Mohon Tunggu... Mahasiswa

Jika kau ingin hidup 1000 tahun, maka menulislah!!

Selanjutnya

Tutup

Bahasa

Sejarah, Kedudukan, dan Fungsi Bahasa Indonesia

29 Oktober 2020   11:30 Diperbarui: 29 Oktober 2020   11:45 121 1 0 Mohon Tunggu...

Sejarah Bahasa Indonesia

Berbicara mengenai sejarah bahasa Indonesia dari zaman ke zaman , bahasa Indoesia mengalami perkembangan besar dan menarik. Bahasa Indonesia yang mulanya berasal dari bahasa melayu dengan pendukung yang kecil, perlahan mulai berkembang menjadi Bahasa Indonesia yang besar dan saat ini telah menggusur sejumlah bahasa lokal (etnis ) yang kecil. Bahkan juga sudah menggeser dan menggoyahkan bahasa etnis yang cukup besar seperti Sunda dan Jawa.   Sebagian besar diantaranya juga telah menjadikan bahasa Indonesia sebagai bahasa petama di daerahnya yang mana kita ketahui bangsa Indonesia dilatarbelakangi oleh beratus-ratus suku bangsa yang masing-masing memiliki Bahasa daerahnya sendiri.

Berawal dari sumpah pemuda pada tanggal 28 Oktober 1928, bahasa Indonesia mulai mempunyai banyak  ruang dan fungsi majemuk yaitu menjadi bahasa persatuan, bahasa negara, bahasa penghubung antar individu, bahasa pergaulan dan bahasa pengantar disemua sekolah di Indonesia. Bahasa Indonesia digunakan sebagai salah satu alat yang mempersatukan bangsa yang bersuku-suku untuk mengusir penjajah Belanda yang pada akhirnya Indonesia meraih kemerdekaan. Selanjutnya, Bahasa Indonesia digunakan dalam berbagai kehidupan secara luas oleh masyarakat, maka tidak ada yang protes Ketika Bahasa melayu dinobatkan menjadi bahasa Indonesia. Jadi, bahasa Indonesia adalah bahasa melayu yang telah menyatu  dengan bahasa daerah dan juga bahasa asing yang sedang berkembang di Indonesia.

Kedudukan dan fungsi bahasa Indonesia  

Di dalam ikrar ketiga sumpah pemuda yang berisi “ Kami putra-putri Indonesia menjunjung tinggi bahasa persatuan, bahasa Indonesia”. Hal ini menujukkan bahwa bahasa Indonesia merupakan bahasa yang sangat penting di NKRI. Selain itu didalam UUD 1945 juga tercantumkan bab  yang berbunyi “ bahasa negara ialah bahasa Indonesia ”. beberapa hal tersebut menempatkan kedudukan bahasa Indonesia sebagai  bahasa nasional yang memiliki beberapa fungsi yang diantaranya :

1. Lambang kebanggaan nasional

Sebagai wujud kebnaggaan dan kecintaan terhadap bangsa Indonesia, menggunakan bahasa Indonesia setia[ hari terutama dilingkungan sekolah da  tanpa adanya rasa rendah diri , untuk itu sebagai warga negara Indonesia yang baik sudah sepatutnya melestarikan dan menjaga bahasa Indosia.

2. Identitas nasional

Sebagai identitas bangsa atau negara maka bahasa Indonesia menjadi ciri atau tanda yang membedakan dengan bangsa lain atau negara lain. Dengan identitas ini bisa menjadikan faktor kebanggaan pada sebuah bangsa dan menghindari adanya sikap merendahkan atau mengaggap aneh identitas bangsa lain.

3. Alat pemersatu bangsa

Bahasa Indonesia sebagai alat pemersatu suku, budaya dan bahasa maksudnya adalah bahwa bahasa Indonesia memungkinkan keserasian di antara suku-suku, budaya dan bahasa di Nusantara, tanpa harus menghilangkan indentitas kesukuan dan kesetiaan kepada nilai-nilai sosial budaya serta latar belakang bahasa daerah yang bersangkutan. Indonesia yang dilatarbelakangi dengan berbagai macam suku, budaya dan bahasa  pada masing-masing daerah dapat disatukan dengan adanya bahasa Indonesia yang juga memiliki fungsi sebagai identitas bangsa yaitu bangsa Indonesia bersatu dalam satu kebangsaan, cita-cita, dan tujuan yang sama

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x