Mohon tunggu...
Maiden Ayu Hendrawanto
Maiden Ayu Hendrawanto Mohon Tunggu... Mahasiswa Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta program studi Ilmu Komunikasi mengambil konsentrasi Public Relation

halo teman - teman selamat membaca artikel yang telah saya buat !

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Alam & Teknologi

Perbedaan Media Konvensional dan Media Baru

1 April 2021   19:58 Diperbarui: 1 April 2021   20:13 89 2 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Perbedaan Media Konvensional dan Media Baru
medium.com

Assalamualaikum wr. wb 

Halo teman - teman semua , salam sejahtera untuk kita semua ..

Perkenalkan nama saya Maiden Ayu Hendrawanto sering dipanggil Maiden , saya disini mahasiswi dari Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta dengan jurusan Ilmu Komunikasi dan mengambil konsentrasi Public Relation. Saya angkatan 2019 dan sekarang saya berada di semester 4 .  ( New Media ) .

Saya lahir di samarinda Kalimantan Timur pada 31 Oktober 2000 , dimana saya baru tau apa itu media di umur 5 tahun karena waktu dulu saya sering sekali membeli sebuah kaset film kartun , kaset untuk main PS , kaset lagu anak - anak di sebuah pasar . dulu waktu saya masih berumur 5 tahun saya belum mengenal apa itu handphone atau gadget jadi dulu waktu tahun 2005 masih banyak sekali orang - orang yang memakai media seperti koran , radio , kaset , majalah , tabloid dan lain - lain. semenjak saya masuk sekolah menengah dasar saya baru tau apa itu  sebuah teknologi informasi yang bisa terhubung dengan jaringan internet. contohnya seperti facebook dan instagram.

Media lama ( media konvensional ) adalah sebuah proses produksi penyampaian informasi atau berita yang dibagi menjadi dua yaitu media cetak dan media elektronik. contoh dari media cetak yaitu koran , majalah , tabloid sedangkan media elektronik yaitu radio , televisi dan lain - lain. media lama masih lama masih tetap bertahan sampai saat ini karena media lama memiliki karakteristik yang berbeda dengan media baru. setiap karakteristik  media memilki pengaruh yang berbeda - beda pada setiap orangnya , contoh pada masyarakat yang sudah berusia seperti 50 tahun keatas sekarang lebih suka melihat media melalui televisi , koran dan radio sedangkan masyarakat yang berumur 15 - 30 tahun dimana sewaktu mereka lahir media baru sudah mulai keluar  maka dari itu mereka sering memakai media baru di saat ini .

karakteristik media lama yaitu harus menunggu informasi sesuai jam yang dijadwalkan , khalayak tidak terhubung pada media , komunikasi bersifat anonim dan heterogen maksudnya bahwa pembaca dan penerima pesan tidak tahu tidak ada yang tau siapa atau dimana dan memiliki sifat yang beragam dan berbeda - beda alias luas pemaknaan sifatnya . namun seorang komunikator harus dapat mengerti sifat dan karakter dari pembaca  yang berperan sebagai komunikan . 

Kelebihan media lama yaitu lebih dapat di pertanggung jawabkan , harga beli relatif murah , dan jangkuan luas sedangkan kelemahan dari media lama yaitu biaya percetakan mahal , relatif lebih lama dalam penyampaian informasi , komunikasi satu arah karena kita tidak bisa memberikan umpan balik pada media  dan  desentralisasi . desentralisasi adalah penyerahan kekuasaan pemerintah oleh pemerintah pusat kepada badan - badan lain nya .  karakteristik audiens media lama yaitu khalayak tidak terhubung langsung dengan audiens , khalayak tidak bisa terhubung satu sama lain , bersifat homogen tergantung pada sasaran program tertentu , dan khalayak sulit memberikan umpan balik pada media . 

Media baru ( New Media ) adalah teknologi komunikasi digital yang terhubung dengan jaringan internet dimana dalam penyampaian nya  harus di distribusi kan melalui internet atau online . contoh dari media baru meliputi televisi , radio streaming dan juga media sosial seperti twitter , instagram , youtube , facebook dan lain - lain . dikatakan sebuah media baru karena media ini dapat di distribusikan melalui media sosial tersebut. media baru memang tidak dapat menggantikan peran media lama namun media baru menjadi pelengkap bagi media , internet maupun media lama dapat saling menunjang satu sama lain. ketika media lama digunakan untuk tahap membangun kesadaran dari sebuah produk maka internet dapat menjadi lanjutan konsumen untuk memahami sebuah produk .

karakteristik media baru yaitu informasi pada situs tertentu tidak bersifat formal sehingga kredibilitas informasi tidak dapat di pertanggung jawabkan , mudah dalam pencarian informasi yang ingin didapat kan dan tidak terbatas pada jadwal tertentu , para pengguna media sosial dapat terhung dengan media atau akun secara langsung , dan tidak kemungkinan untuk bersinggungan dengan ruang publik . 

Kelebihan media baru yaitu informasi dapat di simpan dan dibuka kembali sewaktu - waktu , informasi dapat diakses dimana saja dan kapan saja , dapat berupa teks , gambar dan video , para pengguna dapat saling berinteraksi atau memberikan timbal balik satu sama lain . sedangkan kekurangan media baru adalah membutuhkan biaya besar , tidak semua masyarakat dapat mengaksesnya , reporter di tuntut untuk bekerja keras , sulitnya kontrol sosial dan informasi sulit di pertanggung jawabkan . karakteristik audiens media baru yaitu khalayak dapat terhubung dengan media , khalaya terhubung dan berinteraksi satu sama lain , dan khalayak dapat lebih kritis dalam memberikan umpan balik . 

pengaruh media lama dan media baru menurut saya bagi anak - anak memliki resiko yang seimbang bagi anak remaja , menurut saya sebagai pengalaman diri sendiri waktu dulu media lama seperti koran saya menjadi lebih lancar dalam membaca dan rajin membaca koran tersebut tetapi saya masih kurang kreatif dan tidak terlalu percaya diri. dan sekarang untuk media baru yaitu contohnya instagram dimana sekarang anak - anak remaja menjadi lebih percaya diri untuk memamerkan bakat yang mereka punya dan di posting ke publik . apalagi sekarang ada yang namanya tik tok yang membuat anak - anak memiliki mental yang kuat dan sangat kreatif tetapi disini bahaya dari media baru adalah kecanduan dan penyalah gunaan dengan handphone . dimana untuk sekarang kehidupan sosial media sangat erat bagi masyarakat karena untuk media baru ini dapat sangat menguntungkan bagi  masyarakat membuat interaksi satu sama lain meskipun jarak yang beribu - ribu kilometer bukanlah jadi penghalang mereka untuk berkomunikasi . 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN