Mohon tunggu...
Mahrojatin Kholifah
Mahrojatin Kholifah Mohon Tunggu... Mahasiswa

Mahasiswa UPGRIS

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Alam & Teknologi

Mahasiswa KKN Upgris Membuat Produk Olahan Kunir Asam untuk Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

27 Februari 2021   08:30 Diperbarui: 27 Februari 2021   10:29 40 0 0 Mohon Tunggu...

Mahrojatin Kholifah, mahasiswa Universitas PGRI Semarang yang tergabung dalam KKN Covid-19 kelompok 16 melakukan pembuatan jamu kunir asam dan pembagian jamu kunir asam kepada Masyarakat Desa Candisari Kecamatan Purwodadi Kabupaten Grobogan. Tujuan dari kegiatan ini agar masyarakat dapat menjaga imunitas tubuh dengan mengkonsumsi jamu kunir asam.

Ditengah masa sulit pandemi Coronavirus Desease 2019 (COVID19) hampir semua sektor terdampak termasuk kesehatan. Selama pandemi banyak kesehatan yang menurun apalagi ditambah cuaca yang kurang mendukung sehingga menyebabkan penurunan imunitas tubuh. Jika kekebalan tubuh menurun maka tubuh akan mudah dimasuki oleh virus. Selama pandemi sekolah menerapkan metode belajar dari rumah hal ini menyebabkan tidak adanya aktivitas di sekolah sehingga anak-anak bisa bermain di rumah. Namun anak-anak juga masih belum menerapkan protokol kesehatan dengan baik seperti belum menggunakan masker dengan baik , tidak menjaga jarak. Kadang ada juga anak yang mengikuti bimbingan belajar tidak memakai masker dan tidak menjaga jarak padahal selama bimbingan belajar anak tersebut berinteraksi dengan teman nya yang lain. Padahal penggunaan masker sangat penting bagi kesehatan tubuh di masa pandemi seperti ini. Namun menjaga tubuh tidak hanya dari luar saja tapi dari dalam juga. Masyarakat juga memerlukan asupan dari dalam tubuh seperti jamu dan obat untuk menjaga tubuh agar tidak terkena virus Covid-19.

Pada dasarnya jarang sekali orang mau meminum jamu kunir asam begitu saja. Meskipun begitu namun jamu kunir asam memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh. Terutama karena tanaman ini mudah untuk dibudidayakan.Dan cara pembuatan jamu kunir asam yang mudah dilakukan. Adapun bahan-bahan yang digunakan untuk membuat jamu kunir asam yaitu kunir, asam, gula merah, air, sejumput garam. Pertama kupas kulit kunir nya, masukkan ke dalam wadah dan parut kunir tersebut sampai halus. Kedua peras kunyit yang sudah halus dengan menggunakan kain dan ditambahkan air. Ketiga masukkan asam, gula merah, dan sejumput garam ke dalam panci. Keempat aduk-aduk sampai gula merah meleleh dan air kunir mendidih. Kelima jika sudah mendidih dicicipi dahulu agar rasanya bisa pas lalu saring ampas kunir dan asam dengan menggunakan kain. Tahap terakhir adalah penyajian : tuang jamu kunir asam yang sudah dingin ke dalam wadah dan jamu kunir asam siap disajikan.

Pembagian jamu kunir asam telah dilaksanakan pada hari Selasa tanggal 23 Februari 2021. "Dengan adanya kegiatan pembagian jamu tersebut harapannya dapat memotivasi masyarakat untuk menjaga imunitas tubuh tidak hanya mengkonsumsi jamu kunir asam bisa juga dengan cara yang lain seperti olahraga, mengkonsumsi Vitamin C", kata Mahrojatin Kholifah.

Kegiatan ini berjalan lancar dan masyarakat sangat antusias dalam kegiatan tersebut. Semoga dengan adanya kegiatan pembagian jamu kunir asam diharapkan masyarakat selalu mematuhi protokol kesehatan supaya tidak tertular Covid-19

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x