Mohon tunggu...
Mahmudin Bm
Mahmudin Bm Mohon Tunggu... Freelancer - Ayah dari dua anak

Menulis, membaca, olahraga, MC dan mendongeng

Selanjutnya

Tutup

Parenting Pilihan

Tips Sederhana Kekhawatiran Orangtua terhadap Anak

6 November 2022   05:00 Diperbarui: 6 November 2022   06:40 70
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Parenting. Sumber ilustrasi: Freepik

Perkembangan arus informasi semakin maju, seiring itu pula ada perbedaan zaman antara waktu orang tua dulu dengan anaknya sekarang. 

Waktu orang tuanya dulu, pergaulan tak sebebas sekarang. Berteman dengan lawan jenispun hanya berteman biasa. Waktu sekolah setingkat SMP baru menyukai lawan jenis, sesuatu yang normal. Tapi sekarang, SD sudah mengenal yang namanya pacaran.

Ada kekhawatiran sebagai orang tua terhadap pergaulan remaja zaman sekarang. Wajar sekali karena pergaulan yang terjadi akan berdampak pada anak. Pikiran mereka masih labil, mudah terwarnai dengan pemikiran yang kurang baik. Pergaulan bebas, narkoba, tawuran dan kenakalan yang lainnya.

Ada beberapa tips sederhana agar kekhawatiran itu tak terjadi. Diantaranya:

1. Komunikasi

Jaga hubungan anak dan orang tua dengan komunikasi yang baik. Jadikan anak menjadi sahabat, teman curhat. Ini memudahkan kita ada apa dengan pergaulan mereka saat ini. Mereka tak malu dan sungkan bercerita dan ini menjadi awal yang baik agar terhindar dari kekhawatiran kita sebagai orang tua.

2. Lakukan kegiatan positip bersama

Ketika bersama anak, bangun kedekatan dengan mereka. Kegemaran anak menjadi jalan yang baik untuk membangun kedekatan. Semisal anak menyukai menggambar, atau olahraga mska kita terlibat dengan kesukaan anak tersebut. Dengan berolahraga bersama maka kedekatan anak dan orang tua srmakin baik.

3. Edukasi 

Memberikan edukasi terhadap anak, merupakan hal penting. Dari dampak pergaulan bebas, narkoba dan kenakalan remaja lainnya. Sehingga anak memahami dampak yang timbul.

Demikian tips sederhana untuk mrnghindari kekhawatiran orang tua terhadap pergaulan anak di zaman sekarang.

Semoga bermanfaat.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Parenting Selengkapnya
Lihat Parenting Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun