Mohon tunggu...
Mahmudin Bm
Mahmudin Bm Mohon Tunggu... Freelancer - Ayah dari dua anak

Menulis, membaca, olahraga, MC dan mendongeng

Selanjutnya

Tutup

Humaniora

Kukibarkan Bendera

5 Agustus 2022   18:35 Diperbarui: 5 Agustus 2022   18:35 60 9 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Humaniora. Sumber ilustrasi: PEXELS/San Fermin Pamplona

Ku buka lemari dan ku cari bendera setahun lalu ku simpan. Masih bersih dan rapi, hanya itu yang aku punya. Tak terasa 77 tahun sudah usiamu. Ku pasang dengan bambu yang sama, ikatanpun tak beda persis setahun yang lalu. Tak lebih waktu cukup lima menit berkibar sudah.

Bendera Merah Putih

Sejarah mencatat, jahitan pertama bendera berkibar di hari proklamasi kemerdekaan. Lambang keberanian dan kesucian disambut pelosok negri yang ingin merdeka.

Merdeka lebih dari sekedar bebas, namun mampu menentukan sendiri nasib bangsa ini. Belenggu penjajahan yang terlalu lama, membekas dalam mental rakyat hingga kini.

Terkadang aku merasakan, perjuangan para pahlawan begitu kuat untuk merdeka. Jangan sampai cita-cita mereka yang teramat besar tersia-siakan untuk bangsa ini.

Tugas kita sekarang mengisi kemerdekaan ini. Dengan potensi yang ada di pundak generasi muda, belajar membangun bangsa. Mencerdaskan kehidupan rakyat agar tak ada lagi mental penindas dan penjajah.

Baca juga: Pentingnya Bahagia

Kadang masih saja sisa-sisa itu terasa. Membuat pilu rasa keadilan, berbuat bebas tanpa rasa bijak. Ada yang benar- benar berjuang namun ada juga yang mencari kesempatan.

Memanfaatkan jabatan untuk memperkaya diri, melanggengkan kekuasaan, menodai rasa keadilan, manipulasi disana sini, diskriminasi tak henti.

Ini harus kita hentikan, jangan dibiarkan. Jangan pula kita cari aman, diam membisu tanpa pembelaan.

Tak perlu jauh ke depan dan dari parlemen. Cukup kita perbaiki di lingkungan sekitar. Berawal dari keluarga yang sadar, kemudian warga di sekitar. Pelan tapi pasti, dan jangan pernah berhenti. Kita semua mesti menyadari, memperbaiki sejak dini.

Kita mulai sekarang, sedikit-sedikit secara sadar. Mewarnai lingkungan dengan semangat cita para pahlawan.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Humaniora Selengkapnya
Lihat Humaniora Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan