Mohon tunggu...
mahmudin
mahmudin Mohon Tunggu... Saya karyawan swasta di sebuah perusahaan di daerah

saya penulis sebuah blogger pemula

Selanjutnya

Tutup

Kesehatan

Abses (Penimbunan Nanah)

18 April 2021   02:34 Diperbarui: 18 April 2021   05:00 52 1 0 Mohon Tunggu...

Apa itu Abses ?

Abses adalah akumulasi atau pengumpulan nanah yang dapat hasil dari infeksi di bagian manapun dari tubuh. Atau pembengkakan di Sertai adanya nanah yang mengumpul di satu tempat di Sertai dengan rasa nyeri atau biasanya lebih di kenal dengan bisul.

Abses sering dikelilingi oleh merah, bengkak jaringan. Nanah ini terdiri dari campuran cairan dan beberapa jenis sel: Ada mikroorganisme yang menyebabkan infeksi, ada sel-sel sistem kekebalan yang melawan infeksi, dan ada jutaan sel-sel tubuh yang telah mati dalam perjuangan.

Meskipun nanah tidak menyenangkan untuk melihat, kehadirannya berarti bahwa tubuh mempertahankan diri terhadap mikroba penyebab penyakit .

Beberapa abses, seperti bisul, sangat umum. Mereka membentuk tepat di bawah kulit dan biasanya hilang sendiri. Beberapa abses dapat terbentuk di gusi dekat gigi, dan mereka sering membutuhkan pengobatan oleh seorang dokter gigi. Masih abses lainnya membentuk jauh di dalam tubuh, terutama di organ perut atau dada. Ini adalah jarang tetapi bisa sangat serius. Mereka harus dirawat oleh dokter dan sering memerlukan operasi.

 Penyebab Abses ?

Abses dapat disebabkan oleh banyak bakteri yang berbeda, jamur, atau protozoa, yang merupakan jenis mikroba penyebab penyakit. Abses hasil dari infeksi yang sedang atau menjadi lokal atau terbatas pada satu bagian tubuh, sebagai lawan infeksi yang menyebar ke seluruh tubuh.

Gejala Abses

Gejala utama dan tanda-tanda apapun dari proses inflamasi adalah kemerahan, panas, bengkak, nyeri dan hilangnya fungsi. Abses dapat terjadi dalam setiap jenis jaringan padat tetapi paling sering pada permukaan kulit (di mana mereka mungkin dangkal pustula (bisul) atau abses kulit luarnya), di paru-paru, otak, gigi, ginjal dan amandel.

Komplikasi utama penyebaran bahan abses ke jaringan-jaringan yang berdekatan atau jauh dan kematian jaringan daerah luas (gangren). Abses di sebagian besar tubuh jarang menyembuhkan diri sendiri, perhatian medis sehingga cepat diindikasikan pada kecurigaan pertama abses.

Abses berpotensi berakibat fatal (meskipun hal ini jarang terjadi) jika kompres struktur vital seperti trakea dalam konteks abses leher dalam.

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x