Mohon tunggu...
Mahmudi BM
Mahmudi BM Mohon Tunggu... Wiraswasta - Hipnoterapis

-www.hipnoterapi.us- t.me/mahmudibm

Selanjutnya

Tutup

Kesehatan

Apa Itu Hipnoterapi?

21 Januari 2018   22:29 Diperbarui: 21 Januari 2018   22:34 2142 0 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun

Jika  Anda bertanya kepada seratus ahli hipnoterapi, anda akan menemukan  definisi hipnoterapi  yang beragam. Hal itu bisa dipahami karena setiap  ahli hipnoterapi memiliki sudut pandangnya masing-masing berdasarkan  pengetahuan dan pengalamannya melakukan hipnoterapi.

Melalui tulisan ini, saya memohon Anda benar-benar memahami beberapa  istilah yang salah kaprah dipahami  oleh sebagian besar masyarakat dan  meluruskan informasi yang salah di masyarakat tentang hipnoterapi.

  • Hipnosis adalah keadaan pikiran yang terhubung ke relaksasi yang  mendalam, perhatian menyempit dan kemampuan sugesti meningkat tajam.  Hipnosis adalah keadaan antara antara tidur dan terjaga.
  • Hipnosis panggung (stage hypnosis) adalah hipnosis yang digunakan  untuk tujuan hiburan seperti tayangan di TV yang mengundang tawa.
  • Hipnoterapi adalah hipnosis yang digunakan untuk tujuan terapi.  Hipnoterapi menerapkan teknik hipnosis untuk mendorong pikiran bawah  sadar menemukan solusi masalah.
  • Hipnotis (hypnotist) adalah orang yang melakukan hipnosis atau  sebutan bagi praktisinya. Hipnotis panggung (stage hypnotist) berarti  orang yang melakukan hipnosis panggung untuk hiburan semata.
  • Hipnoterapis (hypnotherapist) adalah orang yang melakukan hipnoterapi atau sebutan bagi praktisinya.
  • Dalam percakapan umum, hipnoterapis sering disebut terapis dan hipnoterapi disebut terapi.

Hipnosis adalah keadaan kesadaran. Hipnoterapi adalah terapi.  Hipnosis itu sendiri bukanlah terapi. Terapi dalam sesi hipnoterapi  terjadi setelah hipnosis telah digunakan untuk menginduksi trance Anda.  Kemudian hipnoterapis membuat sugesti yang membantu pikiran bawah sadar   mencapai tujuan atau mengatasi masalah Anda.


Meluruskan salah kaprah

Sebagian besar masyarakat Indonesia menganggap hipnotisadalah hipnosis itu sendiri, padahal hipnotis adalah praktisi atau orang yang melakukan hipnosis. Kemudian menganggap hipnoterapiadalah seperti hipnosis panggung (hiburan) di mana seolah-oleh orang yang dihipnosis menjadi tak berdaya dan mau melakukan apa saja yang mengundang tawa ketika disuruh sang hipnotis panggung.

Padahal, hipnoterapi yang dilakukan oleh hipnoterapis  berkualitas bisa membantu seseorang mencapai perubahan positif yang menakjubkan.

Hipnosis panggung bukanlah hipnoterapi. Hipnosis panggung adalah  bentuk hiburan. Tujuan utamanya adalah untuk mendapatkan tertawa yang  semeriah-meriahnya.

Saya berharap Anda sekarang sudah memahami perbedaan besar antara  hipnosis panggung dan hipnoterapi, hipnotis dan hipnoterapis. Begitupun  mengenai hipnosis itu sendiri.

Secara teknis, proses hipnoterapi mirip seperti ngobrol-ngobrol saja  yaitu dengan menginduksi klien masuk trance (hipnosis). Selama hipnosis  badan Anda santai, tapi pikiran Anda menjadi sangat perhatian. Anda  memiliki kemampuan fokus yang meningkat selama sesi hipnoterapi. Dan  Anda berfokus pada sugesti terapis. Di sinilah sesi hipnoterapi dimulai.

Kemudian hipnoterapi dilakukan dengan memberi saran kepada bawah  sadar untuk mencapai tujuannya atau sejumlah cara mengatasi masalah.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Kesehatan Selengkapnya
Lihat Kesehatan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan