Mohon tunggu...
Mahir Martin
Mahir Martin Mohon Tunggu... Guru, Aktivis dan Pemerhati Pendidikan

Penulis: Satu Tahun Pembelajaran Daring, Dirayakan atau Disesali? (Penerbit Deepublish, 2021); Hikmah Pandemi Covid-19 Relevan Sepanjang Masa (Guepedia, 2021); Motto: Reflection Notes: Ambil hikmahnya...

Selanjutnya

Tutup

Edukasi Artikel Utama

Guru Pesulap, Membuat Materi Pelajaran Lebih Menarik

6 Februari 2021   16:27 Diperbarui: 12 Februari 2021   02:56 304 11 2 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Guru Pesulap, Membuat Materi Pelajaran Lebih Menarik
Murid Haryono saat belajar matematika yang diramu dengan metode sulap. (kompas.com/Firmansyah)

"Jadi guru itu harus seperti pesulap yang selalu ditunggu penontonnya kejutan apa yang akan dilakukannya," itu kira-kira kesimpulan yang bisa saya dapatkan dari acara diskusi santai dengan siswa SMP yang diadakan educharacter beberapa hari yang lalu.

Ya, pesulap itu adalah seorang entertainer yang mampu memberikan pertunjukan dan juga mampu membuat penonton terhibur sehingga tidak bosan untuk menyaksikannya. Selain itu, pesulap juga mampu membuat orang penasaran untuk terus menonton pertunjukannya.

Guru Pesulap

Analogi ini bisa kita gunakan juga untuk seorang guru. Seorang guru seharusnya mampu menyulap pembelajaran menjadi sesuatu yang menarik dan tidak membosankan. Bahkan, guru juga seharusnya mampu meningkatkan daya kuriositas siswa untuk terus belajar. 

Setelah mengikuti pembelajaran, siswa seharusnya merasa tertantang untuk mengetahui lebih jauh tentang apa yang sudah dipelajarinya. Pembelajaran juga seharusnya bisa meningkatkan gairah dan motivasi siswa untuk terus menuntut ilmu, menguak hal-hal baru yang belum diketahuinya.

Sudah pastinya, membuat pembelajaran menarik tak semudah membalikkan telapak tangan, ada juga kesulitannya. Meskipun sulit, tak berarti tak bisa dilakukan. 

Guru yang peduli dengan siswanya akan terus mencari jalan bagaimana membuat pembelajaran menarik dan ditunggu-tunggu oleh para siswa.

Sebenarnya, yang membuat pembelajaran menarik itu adalah bagaimana cara guru menyampaikan materi. Materi pelajaran yang kurang menarik bisa menjadi sangat menarik dengan menggunakan metode dan model pembelajaran yang tepat ketika disampaikan. Sebaliknya, materi pelajaran yang menarik, terkadang menjadi membosankan ketika cara penyampaian guru kurang menyenangkan. 

Bisa dikatakan, materi pelajaran yang menarik adalah modal dasar untuk membuat pembelajaran menjadi lebih menarik. Namun sayangnya, tidak semua materi pelajaran itu menarik untuk siswa. Apalagi terkadang materi pelajaran yang bersifat abstrak yang sulit untuk dibayangkan.

Oleh karenanya, salah satu tugas guru adalah membuat materi pelajaran yang kurang menarik menjadi lebih menarik. Ada banyak cara melakukannya, tergantung bagaimana seorang guru memiliki kemauan untuk memikirkannya dengan mencoba melakukan sesuatu yang berbeda ketika mengajarkannya. 

Mengajarkan Materi Pelajaran dengan Lebih Menarik

Berdasarkan pengalaman, ada beberapa contoh yang bisa saya bagikan agar materi pelajaran menjadi lebih menarik. Karena saya seorang guru sains, maka contoh yang akan saya berikan berhubungan dengan mata pelajaran sains. Ini mungkin juga akan sangat relevan, karena biasanya mata pelajaran sains lah yang selalu menjadi momok bagi siswa.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
VIDEO PILIHAN