Tekno

Energi Baru dan Terbarukan, Siapakah Dia?

4 Oktober 2017   16:30 Diperbarui: 4 Oktober 2017   17:22 492 0 0
Energi Baru dan Terbarukan, Siapakah Dia?
Dok.pribadi

 

Wah... Saat panas panas gini enaknya sih makan es krim, tapi... biasanya kita malas untuk berjalan kaki ke toko es krim tersebut. akhirnya kita memutuskan untuk menggunakan sepeda motor, punya motor kenapa gak digunakan?? pikir kita begitu. Tapi... tahukah kalian bahwa bahan bakar sepeda motor itu bensin? ( duh ini penulisnya ngaco nih... kalo gak tau masak bisa naikin motor sih... masak kita kayak Patrick di animasi Spongebob.. Punya mobil tandanya di " E " dikira artinya " END " = SELESAI [ nggak bisa digunakan lagi ] pasti semua orang tau bahan bakarnya bensin... duh... ) Oh iya ya... :D :D Tenang... ini maksudnya biar kalian nggak jenuh dan terlalu serius membacanya, have fun aja sedikit humor juga nggak apa apa.

Oke kembali ke topik, bensin adalah penyulingan dari minyak bumi yang sebelumnya ada di dalam bumi dan terbuat dari fosil fosil yang diendap.

hmm... benda apa itu?

singkat cerita, fosil fosil dinosaurus yang telah lama tertimbun dalam bumi berubah menjadi minyak bumi. atau teori yang sangat simpelnya itu " bayangkan saat siang hari kalian selimutan sampai sore, pasti kalian kepanasan dan keluar keringat. hmm... apakah minyak bumi itu keringat fosil?? :D Tentu tidak ". Lalu jika bensin terbuat dari minyak bumi, artinya apa??

Artinya, minyak bumi itu lama kelamaan akan habis. jika cadangan minyak di dunia habis, lalu kita akan menggunakan apa??

inilah yang akan kita bahas : Sumber Energi Baru Dan Terbarukan

Hmm.. Apa itu?

Singkatnya, itu adalah suatu energi dari alam yang tak akan pernah habis dan ramah lingkungan. Contohnya : Biogas, Bioetanol, Biodiesel, dll. Biasanya yang ada bio bio nya gitu :D

Tapi.. kali ini saya tidak membahas bio bio itu, kenapa? karena sudah banyak yang membahas itu, terlalu mainstream dan biasanya pembahasannya sudah jelas.

Tak perlu berfikir jauh jauh, kita berfikir yang simpel simpel saja, elemen elemen dasar di bumi ini juga bisa dibuat menjadi Energi baru, elemen elemen ini adalah elemen dasar yang tak akan pernah hilang yakni, Air, Tanah, Angin, Api, Dan Petir.

Pertama kita harua berfikir sesimpel mungkin, kemudian kita share kepada orang orang rumusnya yang kemudian akan mereka kembangkan. Karena perkembangan zaman pun turut serta membuat maju.

Banyak sekali contohnya

 

Dok.pribadi
Dok.pribadi

- Penemuan Lampu Pijar

Thomas Alfa Edison, dikenal sebagai penemu lampu pijar pertama kali. lampu pijar pertama itu hanya mampu bertahan 20 menit, daya tahan yang singkat dibanding dengan lampu pijar yang sekarang

 

Dok.pribadi
Dok.pribadi

- Penemu Baterai

Tahukah kalian bahwa baterai dulunya tak sesimpel dan sekecil sekarang? baterai pertama kali dibentuk dari lempengan logam dan tembaga yang ditumpuk dan diikat menjadi satu. Lempengan yang cukup besar dibanding dengan ukuran sekarang.

Jika melihat dari sana, bisa kita simpulkan bahwa tak perlu untuk sempurna dahulu, suatu saat pasti akan sempurna dengan sendirinya.

Sebenarnya kita juga bisa menemui energi dasar digunakan sebagai energi alami. seperti

- Pembangkit Listrik Tenaga Air

- Pembangkit Listrik Tenaga Angin

- Pembangkit Listrik Tenaga Panas Bumi

- Pembangkit Listrik Tenaga Matahari

Setelah mendapatkan rumusnya, kita copy dan buat versi kecilnya, seperti suatu ide

" Mobil Bertenaga Air "

 

Dok.pribadi
Dok.pribadi

Versi Pertama mobil ini pasti masih terlalu besar, kita buat mesinnya seperti yang ada di PLTA ( Air ). kita hilangkan bagian bagian yang kurang penting dan membuat duplikat versi kecil untuk bagian bagian pentingnya. Jadi mobil ini bahan bakarnya adalah air ( airnya tidak akan habis karena setelah kita gunakan untuk memutar bagian tertentu kita kembalikan lagi airnya seperti kita menggunakan sedotan untuk membuat air naik keatas lagi ) tentunya mobil ini akan bertenaga listrik yang dihasilkan oleh PLTA mini tersebut.

Ingat! versi pertama tak akan terlalu sempurna. Mungkin kalian akan geleng geleng kepala jika mobil itu dikembangkan dan diperkecil ukurannya. bahkan, penemu pesawat terbang .... mungkin juga akan geleng geleng kepala jika melihat pesawat yang saat ini yang bobotnya sangat berat bisa terbang lama diudara.

( mungkin dia geleng geleng kepala karena pegal pada leher ya?... mungkin. )

Albert Einstein, ilmuan yang dianggap paling jenius pada masanya menemukan rumus bahwa E = MC yang sekarang bisa dikembangkan sebagai tenaga NUKLIR

Tapi... di Indonesia masih ragu ragu dengan tenaga nuklir, bahkan hanya dibuat pembangkit listrik itu juga masih banyak yang demo, protes dan lain sebagainya.

jadi, intinya... mari buatlah sesuatu yang baru ( rumus untuk mesin pembuatnya ) simpel simpel saja. Atau mungkin kalian bisa menerima pendapat saya?

Mobil PLTA

Jika itu mungkin terjadi... maka akan semakin banyak mobil mobil listrik.

 

Dok.pribadi
Dok.pribadi

inti dari pendapat saya, marilah kita ganti kendaraan bensin dengan kendaraan listrik.

atau apakah listrik sebagai energi terbarukan itu??

#ListrikSebagaiEnergiTerbarukan