Mohon tunggu...
Mahestha Rastha A
Mahestha Rastha A Mohon Tunggu... Guru - Penulis

Membaca dan menulis

Selanjutnya

Tutup

Hobby Pilihan

Kenapa Banyak yang Bingung Cara Me-manage Waktu? Begini Caranya!

10 September 2021   21:19 Diperbarui: 10 September 2021   21:26 449
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Sumber: lifestyle-bisnis.com

Penulis pemula banyak sekali yang mengalami hal ini. Banyak dari mereka yang bertanya ke saya bagaimana cara mengatur waktu dengan baik agar bisa konsisten menulis. Sebenarnya, ini permasalahan yang mudah. 

Tanpa perlu materi, sebenarnya teman-teman penulis sudah bisa mengatasi masalah yang satu ini. Namun, semoga dengan tulisan saya ini, bisa menambah stimulus teman-teman agar bisa me-manage waktu menulis dengan lebih baik.

By the way, kenapa saya bilang ini permasalahan yang mudah? Karena memang solusinya pun tidak ada yang spesial. Teman-teman hanya perlu action. Tak perlu banyak teori yang perlu diketahui. 

Karena memang ini hanya masalah action. Jadi, tidak perlu bertanya ke banyak orang bagaimana cara mengatur waktu dengan baik, karena teman-teman hanya perlu action. Just it. 

Namun, kalau boleh sharing, izinkan saya untuk share bagaimana cara saya me-manage waktu menulis saya dengan baik. Alhamdulillah, dengan manage waktu tersebut, saya bisa konsisten menulis di tengah kesibukan yang saya miliki.

Pertama: Buku Agenda

Saya selalu punya buku khusus. Isinya selalu saya tulis di malam hari sebelum tidur. Hal yang saya tulis adalah, besok itu saya akan melakukan apa saja. Biasanya saya langsung tulis sekalian sama jam-jamnya. Jadi, ketika hari sudah tiba, saya tinggal melihat buku agenda. Apa saja yang perlu saya lakukan pada hari tersebut.

Kenapa saya menggunakan buku agenda? Karena aktivitas saya banyak. Bukan hanya menulis, tapi juga mengajar, membuat video, mengurus penerbitan, dan mengisi kelas menulis. Jadi, yang namanya menjadwalkan semuanya pada jam-jam tertentu, itu akan memudahkan saya untuk me-manage segala aktivitas dan deadline yang harus saya kerjakan. Begitu pun dengan menulis.

Dulu, saya selalu meluangkan waktu untuk menulis setiap jam 9-10 malam. Namun, karena sekarang aktivitasnya sudah padat, jadi waktu malam sudah tidak mood untuk mencari inspirasi. 

Akhirnya saya alihkan ke satu hari full. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Hobby Selengkapnya
Lihat Hobby Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun