Mohon tunggu...
Mahestha Rastha A
Mahestha Rastha A Mohon Tunggu... Guru - Writer - Teacher - Motivator - Public Speaker - Content Creator - Businessman

Nama Lengkap: Mahestha Rastha Andaara, S.Pd | Aktivitas saat ini mengajar IPA di SMPIT AR-RAHMAN, mengajar di Bimbel MATRIKS, mengurus komunitas menulis @sekolahmenulisindonesia, mengurus penerbitan @penerbitsmi, menulis buku, membaca literatur, dakwah, dan mengurus akun YouTube Mahestha Rastha.| Berikut beberapa buku saya yang sudah terbit: 1. Untukmu Para Pejuang Mimpi (2017) 2. Stop Talking and Start Hijrah (2018) 3. Tak Kenal, maka Tak Dakwah (2019) 4. Stop Talking and Start Hijrah International Version (2019) 5. Menjadi Umat Islam Abad 21 (2020) 6. 25 Juta Pertama dari Menulis (2021) Buku bisa didapatkan di toko buku seluruh Indonesia. Selain itu, bisa juga hubungi penulis langsung untuk mendapatkan buku + TTD + Quotes

Selanjutnya

Tutup

Hobi Artikel Utama

Kiat Jitu agar Penjualan Buku Laris di Pasaran

14 Maret 2021   14:58 Diperbarui: 14 Maret 2021   19:42 1249 28 6
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Ilustrasi buku laris di pasaran (Sumber: www.thinkstock.com)

Sejujurnya saya bukan orang yang ahli berjualan, tapi di kesempatan kali ini saya coba berbagi tentang berbagai treatment yang saya lakukan dalam menjual buku saya. 

Bisa dibilang ini pengalaman sekaligus eksperimen, karena saya berpikir bahwa yang namanya berjualan pasti selalu punya plan A, plan B, dan seterusnya untuk diaplikasikan kepada calon pembeli. Kalau plan A gagal, maka ada plan B yang siap dijalankan.

Nah, ditulisan kali ini apa yang saya share adalah beberapa plan yang pernah saya lakukan dan terbukti menurut saya pribadi cukup berhasil dalam menarik pembeli untuk membeli buku saya.

Beberapa plan itu saya coba jabarkan di sini dan semoga bermanfaat.

PLAN PERTAMA: JUDUL
Mungkin kamu bosan kalau mendengar kata "judul." Solusinya selalu judul, memang begitu. Ini bukan alasan klasik yang selalu pemateri sampaikan di kelas-kelas menulis online, tapi memang ini kunci pertama dalam berjualan apalagi berjualan online.

Saya pernah ikut kelas menulis dari salah satu penulis terkenal. Beliau bilang gini, "Penulis pemula, kalau ingin cepat naik namanya, buatlah judul yang menggemparkan masyarakat." 

Nah, dari sana terlihat bahwa beliau sangat memerhatikan yang namanya judul ketika membuat buku. Kenapa harus judul?

Karena ini yang menjadi daya tarik awal pembeli sebelum melihat isinya. Memang ada istilah don't judge by the cover. Tapi masalahnya tidak semua orang berpikir seperti itu. Banyak pula orang-orang di luar sana yang berpikiran kalau mau beli buku, lihat judulnya dulu, menarik atau tidak. 

Kalau menarik mereka beli. Kalau tidak menarik, mereka tidak jadi beli. Nah, kita jangan abaikan tipe orang seperti ini. Jadi, judul wajib dipikirkan baik-baik.

Kenapa saya bahas judul?

Karena saya mengalami sendiri yang namanya menjual karya sendiri dengan judul yang menurut saya kurang bagus. Salah satu buku saya bisa dibilang menjadi contohnya. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
  6. 6
  7. 7
Mohon tunggu...

Lihat Konten Hobi Selengkapnya
Lihat Hobi Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan