Mohon tunggu...
Mahestha Rastha A
Mahestha Rastha A Mohon Tunggu... Writer - Teacher - Motivator - Public Speaker - Content Creator - Businessman

Nama Lengkap: Mahestha Rastha Andaara, S.Pd | Aktivitas saat ini mengajar IPA di SMPIT AR-RAHMAN, mengajar di Bimbel MATRIKS, mengurus komunitas menulis @sekolahmenulisindonesia, mengurus penerbitan @penerbitsmi, menulis buku, membaca literatur, dakwah, dan mengurus akun YouTube Mahestha Rastha.| Berikut beberapa buku saya yang sudah terbit: 1. Untukmu Para Pejuang Mimpi (2017) 2. Stop Talking and Start Hijrah (2018) 3. Tak Kenal, maka Tak Dakwah (2019) 4. Stop Talking and Start Hijrah International Version (2019) 5. Menjadi Umat Islam Abad 21 (2020) Buku bisa didapatkan di toko buku seluruh Indonesia. Selain itu, bisa juga hubungi penulis langsung untuk mendapatkan buku + TTD + Quotes

Selanjutnya

Tutup

Ruang Kelas Artikel Utama

5 Tips Atasi Rasa Kantuk Selama Belajar di Rumah

1 Maret 2021   14:11 Diperbarui: 4 Maret 2021   09:23 812 12 4 Mohon Tunggu...
Lihat foto
5 Tips Atasi Rasa Kantuk Selama Belajar di Rumah
sumber gambar: mobile.indischool.com

Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ). Sepertinya sudah hampir setahun pelajar di Indonesia melakukan pembelajaran online. Pendidikan kita masih banyak kurangnya. 

Semenjak pandemi, pendidikan kita semakin jauh dari kata meningkat. Terlebih berbagai permasalahan yang sering pelajar alami ketika belajar di rumah. 

Ada yang tidak punya kuota, ada yang bermalas-malasan, ada yang mencari kerja di jam sekolah, dan ada pula orang tua yang meminta anaknya melakukan sesuatu padahal sedang jam sekolah.

Permasalahan pembelajaran online ini begitu banyak dan kompleks. Tulisan ini tidak akan bisa menyelesaikan berbagai persoalan yang ada. Tapi, kalau untuk sekadar memberikan motivasi dan tips belajar, semoga tulisan ini bisa berguna untuk kamu yang membacanya. 

Artikel yang saya tulis kali ini berhubungan dengan bagaimana kondisi pelajar ketika belajar di rumah. Sudah semakin banyak dari mereka yang bosan bahkan mengantuk di tengah jam pelajaran online berlangsung.

Nah, tulisan ini saya buat untuk mengatasi hal tersebut. Agar kamu tidak mudah mengantuk saat belajar di rumah. Hal apa saja yang perlu kamu lakukan dan siapkan, di sinilah jawabannya. Silakan disimak!

PERTAMA, BANYAK BERGERAK

Saya ingin bertanya ke kamu semua. Menurutmu, mana yang lebih membosankan, bekerja di kantor atau bekerja sebagai guru? Pasti rata-rata memilih guru. Kenapa? Guru adalah pekerjaan yang memerlukan banyak gerak. 

Sedangkan kerja kantoran, bekerjanya hanya duduk dan berhadapan dengan laptop saja. Saya akan jamin 100% yang paling mudah mengantuk adalah mereka yang bekerja di kantoran. 

Kenapa? Karena mereka lebih sedikit bergerak. Sedangkan guru lebih banyak bergerak. Nah, ini solusi pertama untuk kamu. Cobalah banyak bergerak. Kenapa harus banyak bergerak? Saya pernah membaca salah satu buku yang berjudul "Dongkrak Kinerja Otak Berpikir Lebih Cepat" karya Galih Pandu. 

Di dalam buku tersebut, salah satu cara kinerja otak adalah dengan banyak bergerak. Semakin kita banyak bergerak, maka akan semakin lancar aliran darah yang masuk ke otak. Sehingga, itu akan membuat otak kita bekerja lebih optimal. Hasilnya, kita akan lebih fokus dan tidak mudah mengantuk.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
VIDEO PILIHAN