Mohon tunggu...
Mahesya Azahra
Mahesya Azahra Mohon Tunggu... Guru - Guru SD

Hobi saya menggambar, saya adalah seorang yg bisa dibilang introvert, dan saya menyukai konten art, masak masak, dan masih banyak

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan Pilihan

7 Tips Tidak Mudah Bosan Saat Belajar

2 November 2022   20:50 Diperbarui: 2 November 2022   21:18 208
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

7 Tips Tidak Mudah Bosan Saat Belajar

Belajar mungkin bukanlah hal paling menarik yang bisa kamu lakukan hari ini, tetapi mau bagaimana pun, Sebagai pelajar tetap harus belajar. Meskipun ini sesuatu yang penting, mudah sekali bagi kita untuk menjadi bosan ketika belajar. Rasa bosan tersebut terasa semakin menjadi-jadi hingga kamu menjadi enggan untuk belajar, padahal dalam hati kamu tahu perlu belajar dengan fokus.

Tenang saja, ada beberapa cara yang bisa kamu ikuti untuk menyingkirkan kebosanan yang datang saat kamu sedang belajar. Inilah 7 tips ampuh mengatasi bosan saat belajar :

1.Pilih Lingkungan yang Nyaman

Langkah awal untuk membuat belajar kita tetap nyaman tentunya harus didukung dengan lingkungan yang nyaman tidak berisik, bersih, dan damai adalah salah satu lingkungan yang nyaman. Belajar tidak harus di rumah saja, kamu bisa pergi ke perpustakaan daerah, alun-alun kota, ataupun tempat lainnya yang bisa membuatmu tetap fokus dalam belajar.

2.Tentukan gaya belajar

Mungkin kamu mudah bosan saat belajar karena gaya belajar yang kamu pilih tidak sesuai dengan gaya belajar mu. Setiap orang memiliki keunikan diri sendiri Dalam hal belajarpun demikian, ada beberapa gaya belajar berbeda yang dilakukan oleh pelajar. Ada 4 tipe gaya belajar, yaitu:

  • 1.Gaya belajar visual: Gaya belajar visual berfokus pada indera penglihatan untuk mengatasi dan mempelajari objek seperti gambar, tulisan, dan video.
  • 2.Gaya belajar audiotori: Menekankan pada suara dibanding tulisan. Orang yang menggunakan gaya belajar audiotori adalah mereka yang lebih memilih mendengar daripada menulis penjelasan dari guru.
  • 3.Gaya belajar kinestetik: Biasanya tipe pelajar yang belajar dengan cara melakukan sesuatu atau terlibat langsung dengan suatu persoalan. Salah satu ciri-cirinya adalah tidak bisa duduk diam untuk waktu lama.
  • 4.Gaya belajar membaca atau menulis: Tipe pelajar yang mengekspresikan dirinya melalui menulis, membaca buku atau artikel, dan menulis kesehariannya di buku harian.

3.Membuat target belajar

Satu alasan mengapa kamu bisa menjadi bosan adalah karena kamu tidak tahu pasti apa yang harus kamu capai di akhir sesi belajar ini. Rencanakan terlebih dahulu. Pikirkan apa yang harus kamu pelajari, dan berapa lama waktu yang kamu butuhkan untuk menyelesaikannya. Dengan begini, kamu akan mempunyai tujuan yang jelas, dan ini akan membantu kamu melawan kebosanan.

4.Reward dan punishment

Jika targetmu selesai, kamu bisa memberikan hadiah untuk diri sendiri. Sedangkan sebaiknya, jika kamu tak berhasil mencapai target, cobalah memberi hukuman kecil pada diri sendiri.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun