Mohon tunggu...
Ramadhan Mahendra
Ramadhan Mahendra Mohon Tunggu... Foto/Videografer - Content Creator

Menulis untuk memahami

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Pentingnya Komunikasi dalam Berorganisasi

11 Agustus 2020   14:11 Diperbarui: 9 Juni 2021   11:19 3620
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Pentingnya Komunikasi dalam Berorganisasi. | pexels

Apa itu komunikasi ?

Menurut KKBI, komunikasi ialah dimana pengiriman dan penerimaan pesan atau berita antara dua orang atau lebih sehingga pesan yg dimaksud dapat dipahami.

Menurut Lexicographer, definisi komunikasi adalah upaya yang bertujuan untuk memberi dan meraih kebersamaan. Tujuan yang ingin diinginkan kedua beluah pihak akan tercapai bila mereka berkomunikasi dan memiliki pemahaman yang selaras tentang informasi yang saling ditransfer.

Baca juga: Manajemen Ego Kunci Sukses Bekerjasama ataupun Berorganisasi

Secara umum, pengertian komunikasi  adalah suatu aktivitas penyampaian informasi, baik itu pesan, ide, dan gagasan, dari satu pihak ke pihak lainnya. Biasanya suatu aktivitas komunikasi dilakukan secara verbal ataupun non verbal sehingga memudahkan antara komunikator dengan komunikan agar mudah untu saling memahami dalam berkomunikasi.

Peran Komunikasi dalam Organisasi

Komunikasi Organisasi Adalah sebuah komunikasi yang terjadi dalam sebuah ruang lingkup organisasi. Komunikasinya biasanya bersifat formal dan informal. Komunikasi organisasi juga melibatkan komunikasi publik dan juga komunikasi antarpribadi.

Baca juga: Berorganisasi sebagai Upaya Optimalisasi Diri dan Menambah Relasi

Komunikasi memiliki peranan yang sangat penting didalam sebuah struktur organisasi, karena berhasilnya sebuah organisasi berawal dari cara berkomunikasi dari organisasi tersebut. Salah satu bentuk peran ilmu komunikasi dalam suatu organisasi yaitu untuk mempermudah diskusi dalam berorganisasi. 

Komunikasi yang efektif akan berdampak baik untuk kemajuan suatu organisasi.  Saat komunikasi berjalan efektif, mereka yang terlibat dalam ruang lingkup komunikasi akan dengan mudah memahami apa yang dibicarakan oleh komunikator.

Baca juga: Tips Manajemen Waktu di Masa Pandemi dalam Berorganisasi

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun