Mohon tunggu...
Mahendra Ichsan
Mahendra Ichsan Mohon Tunggu... Guru MTs Negeri 5 Kulon Progo

Guru Matematika yang suka menulis, karena menulis itu membawa banyak manfaat. Pokoe Nulis Aja :)

Selanjutnya

Tutup

Edukasi Pilihan

Peran Penting Guru Memperbaiki Karakter Siswa

13 Juli 2020   11:12 Diperbarui: 13 Juli 2020   11:20 87 6 1 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Peran Penting Guru Memperbaiki Karakter Siswa
Gambar oleh dari Pixabay 

Siswa zaman sekarang jauh berbeda dengan siswa zaman dahulu. Begitulah kalimat yang sering diucapkan sebagian besar guru pada saat ini.

Siswa saat ini cenderung kurang menghormati dan menghargai gurunya, bahkan ada yang sampai berani membantah dan melakukan kekerasan kepada guru.

Lihat saja beberapa kasus yang acap kali viral di televisi maupun media sosial yang berkaitan dengan kekerasan terhadap guru.

Dalam video yang beredar sang guru dianiaya oleh beberapa siswa sekaligus tanpa sebab yang pasti. Ini tentu perbuatan yang bisa dikatakan keterlaluan dan kelewat batas.

Padahal guru di sekolah itu hakikatnya adalah orang tua siswa itu sendiri, maka sepatutnya dihormati dan dihargai. Mungkin masih banyak kasus-kasus lain yang tidak terekam dan terekspos ke masyarakat.

Kecanduan gadget berdampak buruk pada karakter anak

Membandingkan anak masa sekarang dengan dulu memang sangat berbeda jika dilihat dari sisi karakter. Mulai dari anak milenial hingga anak kekinian, itulah sebutan yang dikenal saat ini.

Salah satu penyebab utama yang secara tidak langsung telah mengubah karakter anak adalah penggunaan gadget atau smartphone yang berlebihan. Bermain gadget secara berlebihan dapat menimbulkan risiko serius pada kesehatan fisik maupun mental anak.

Jika anak sudah kecanduan dan terkena dampak negatif oleh gadget, maka perkembangan anakpun akan terhambat dan akhirnya akan berdampak pada perubahan karakter atau perilakunya.

Beberapa hal negatif pada gadget diantaranya, adanya game atau permainan yang mengandung unsur kekerasan, kemudahan dalam membuka dan melihat gambar dan video yang tidak senonoh dan juga video kekerasan serta video-video kurang baik yang dapat memunculkan karakter buruk anak.

Lihat saja kasus viral beberapa waktu lalu. Ada anak kecanduan bermain gadget sampai mengalami gangguan kejiwaan.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN