Muda

Mengakhiri Rangkaian Ospek Jurusan, Simak Keseruan PDKV Luar Kota 2017!

7 Desember 2017   16:54 Diperbarui: 7 Desember 2017   17:10 268 0 0
Mengakhiri Rangkaian Ospek Jurusan, Simak Keseruan PDKV Luar Kota 2017!
Dok.pribadi

Ospek merupakan hal yang sudah tidak asing lagi bagi kalangan mahasiswa. Meneruskan kegiatan tahunan yang diselenggarakan oleh Badan Eksekutif Mahasiswa Fakultas Kedokteran Hewan Universitas Airlangga, mahasiswa baru angkatan 2017 diwajibkan mengikuti serangkaian acara mulai dari PKKMB hingga PDKV yang merupakan rangkaian ospek jurusan yang ada di kampus veteriner Universitas Airlangga guna menyambut sekaligus melantik mahasiswa baru sebagai keluarga mahasiswa Fakultas Kedokteran Hewan Universitas Airlangga.

Sebelumnya, PKKMB dilaksanakan bersama dengan mahasiswa baru Fakultas Kedokteran Hewan Universitas Airlangga PDD Banyuwangi. Namun, karena kampus yang berbeda lokasi dan kegiatan perkuliahan sudah berjalan, serangkaian ospek selanjutnya dibedakan mengikuti keputusan dari BEM fakultas masing-masing, baik yang berada di Surabaya maupun Banyuwangi sehingga PDKV hanya diikuti oleh mahasiswa baru Fakultas Kedokteran Hewan yang berada di Kampus C Universitas Airlangga, terpisah dengan mahasiswa baru Fakultas Kedokteran Hewan di PDD Banyuwangi. PDKV (Pengenalan Dunia Kampus Veteriner) ini dilaksanakan sebanyak lima kali di dalam kampus dan satu kali di luar kampus atau sering pula disebut PDKV Luar Kota.

PDKV Luar Kota dilaksanakan pada tanggal 4 sampai 5 November 2017 di Villa Griya Ciptaningati, Pacet, Mojokerto. PDKV ini berisikan rangkaian kegiatan yang bertujuan untuk menumbuhkan sikap yang harus mahasiswa baru miliki saat menjadi keluarga mahasiswa hingga kelak menjadi seorang dokter hewan. Kegiatan rally, penyampaian materi mengenai kekeluargaan, etika dokter hewan, ikatan alumni, hingga sharing mengenai cinta profesi dikemas rapi dalam kegiatan PDKV Luar Kota ini.

Panitia juga mendatangkan para pemimpin ormawa (organisasi mahasiswa), antara lain Badan Eksekutif Mahasiswa, Badan Legislatif Mahasiswa, KMPV (Kelompok Minat Profesi Veteriner) Pet and Wild, KMPV TB (Ternak Besar), KMPV UBUR (Unggas dan Burung), Jama'ah Muslim Veteriner, hingga PC IMAKAHI (Pengurus Cabang Ikatan Mahasiswa Kedokteran Hewan Indonesia) guna memberikan materi kepada mahasiswa baru mengenai kegiatan yang ada di fakultas dan memberikan motivasi kepada mahasiswa baru untuk meneruskan rantai kepemimpinan yang ada di Fakultas Kedokteran Hewan Universitas Airlangga.

Rangkaian acara malam hari dilanjutkan dengan pentas seni tiap kelompok yang telah dibentuk. Bukan hanya itu, mahasiswa baru angakatan 2017 atau yang lebih sering disebut Red Wolf ini menutup rangkaian acara pentas seni dengan menampilkan sebuah pentas kolosal seluruh anggota Red Wolfyang secara khusus dipersembahkan untuk para panitia penyelenggara PKKMB dan PDKV 2017 sebagai tanda ucapan terima kasih.

Pentas yang berisikan pembacaan pantun dan paduan suara itu juga dilengkapi dengan pemberian setangkai bunga kepada setiap panitia, tidak sedikit panitia yang terharu bahkan meneteskan air mata karena persembahan dari adik-adiknya ini. Acara malam ditutup dengan diskusi komting dan langsung dilanjutkan dengan pemilihan ketua angkatan. Pada diskusi ini terpilih satu dari tiga nama calon komting yang selanjutnya diberi kepercayaan untuk memegang tanggung jawab sebagai komting angkatan 2017 yaitu Pranoto Budi Hutomo.

"Kami harap kedepannya Budi dapat memegang tanggung jawabnya sebagai komting angkatan 2017 dan melaksanakan tugasnya dengan baik," ujar salah satu panitia saat memberikan sambutan atas terpilihnya Budi sebagai komting angkatan. Keputusan terpilihnya Budi sebagai komting ini didapat melalui diskusi panjang karena terdapat tiga calon komting yang berpotensi sama kuat yang sebelumnya terkerucutkan dari enam calon komting yang dipilih saat PKKMB.

Sebagai angkatan yang baik, maka harus ada seorang pemimpin yang siap dan mampu menjembatani pihak angkatan dengan pihak luar, contohnya hubungan antara mahasiswa dengan mahasiswa, mahasiswa dengan dosen, hingga mahasiswa dengan instansi luar. Karena sebagai seorang mahasiswa memang harus memulai mencari kolega, sehingga mahasiswa dituntut untuk berani menjalin komunikasi dengan orang yang lebih tua atau instansi luar dengan cara yang baik dan beradab.

Keseluruhan acara PDKV Dalam Kampus hingga PDKV Luar Kota berjalan lancar dan dengan selesainya acara PDKV Luar Kota ini menandakan bahwa seluruh rangkaian ospek bagi mahasiswa baru angkatan 2017 telah usai dan mahasiswa baru telah resmi dinyatakan sebagai keluarga mahasiswa Fakultas Kedokteran Hewan Universitas Airlangga dan diizinkan untuk mulai mengikuti dan memegang jabatan di dalam organisasi mahasiswa maupun Badan Semi Otonom yang ada di lingkungan fakultas. Dengan dinyatakannya sebagai keluarga baru, diharapkan angkatan Red Wolfdapat menjadi angkatan yang baik dalam melaksanakan kegiatan akademik maupun non-akademik, mengharumkan nama fakultas baik di kalangan internal maupun eksternal, dan dapat melanjutkan rantai kepemimpinan di Fakultas Kedokteran Hewan Universitas Airlangga.