Mohon tunggu...
Mahbub Setiawan
Mahbub Setiawan Mohon Tunggu... Mencoba untuk lebih walau selalu gagal

1/2 kemanusiaan, 1/2 ketidaktahuan

Selanjutnya

Tutup

Digital Pilihan

Manfaat Lain "Smartphone" untuk Penulis dan Akademisi

9 Juli 2018   05:18 Diperbarui: 9 Juli 2018   05:35 1275 9 3 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Manfaat Lain "Smartphone" untuk Penulis dan Akademisi
Ilustrasi: t3.com

Jika selama ini smartphone biasanya berisi beberapa aplikasi untuk kepentingan komunikasi dan berinteraksi lewat media sosial dan gim sebagai sarana hiburan, maka khusus untuk mereka yang bergelut di dunia penulisan dan akademik, smartphone bisa lebih dioptimalkan fungsinya. Smartphone bisa membantu mereka untuk lebih menghemat waktu dalam menyiapkan materi tulisan atau materi ajar.

Tulisan ini merupakan tulisan ringan tips and trick berisi pengalaman pribadi dalam menggunakan smartphone sebagai sarana pelengkap menghimpun informasi dan sebagai alternatif media ajar yang sudah lazim dan konvensional; misalnya laptop atau komputer dan proyektor.

Dengan smartphone, praktik mencari, menyimpan, menyajikan dan sharing informasi atau materi mengajar ini bisa juga dilakukan. Berikut beberapa hal yang bisa dilakukan dengan smartphone untuk menunjang aktivitas tersebut:

Meng-capture Informasi Ketika Browsing

Jika menggunakan smartphone untuk kepentingan mencari informasi, maka ada beberapa aplikasi yang harus ada di dalamnya selain browser yang sudah ada. Aplikasi yang paling populer terdiri dari: Google Keep, Pocket atau Evernote.

Tiga macam aplikasi tersebut berfungsi sama yaitu untuk memudahkan dalam rangka menangkap dan menyimpan informasi yang ditemukan ketika browsing. Di samping itu, ketiganya juga bisa menjadi aplikasi untuk mengorganisir informasi yang ada di dalamnya.

Menu untuk meng-capture halaman situs (dokpri)
Menu untuk meng-capture halaman situs (dokpri)
Cara penggunaannya pun mudah. Setelah memasang salah satu dari ketiganya sesuai pilihan, maka ketika sedang browsing dan menemukan informasi yang sedang dicari dengan menggunakan browser Chrome atau Firefox atau yang lainnya, tinggal tap saja menu di pojok kanan atas browser. Selanjutnya pilih menu share.

Jika urutannya benar, maka otomatis nanti akan keluar menu aplikasi untuk men-share informasi yang didapat. Jika memakai Google Keep, pilih saja Google Keep. Begitu juga dengan dua aplikasi lainnya. 

Masing-masing akan muncul di pilihan menu share seperti halnya ketika mau men-share melalui aplikasi media sosial. Maka halaman situs yang tampil akan tersimpan di dalamnya.

Menyimpan dan Mengelola Informasi Hasil Browsing

Setelah proses pertama dirasa cukup, maka fungsi lain dari smartphone adalah untuk menyimpan dan mengelola semua informasi yang didapat. Bukan hanya untuk melihat ulang semua informasi tersebut, tetapi juga untuk mengklasifikasi dan mengelompokkan sebaran-sebaran informasi yang didapat sewaktu browsing.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN