Mohon tunggu...
Mahar Yustisiana
Mahar Yustisiana Mohon Tunggu... Mahasiswa

Pembelajar

Selanjutnya

Tutup

Kesehatan

New Normal, Mahasiswa UMM Edukasi Cegah Anemia, Ibu Sehat Bayi Selamat

2 Agustus 2020   16:30 Diperbarui: 2 Agustus 2020   16:33 3 0 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
New Normal, Mahasiswa UMM Edukasi Cegah Anemia, Ibu Sehat Bayi Selamat
Edukasi dengan ibu hamil di Posyandu Desa | dokpri

Kedungwuni, Pekalongan - Angka anemia pada ibu hamil semakin meningkat, mahasiswa Universitas Muhammadiyah Malang dalam Program Pengabdian Masyarakat oleh Mahasiswa(PMM) Mandiri Kelompok 1 gelombang 3 di Desa Ambokembang, Kecamatan Kedungwuni, Kabupaten Pekalongan, Jawa Tengah mengadakan edukasi tentang pencegahan anemia pada ibu hamil ditengah pandemi covid-19. Senin (30/07/2020) 

Edukasi ini dilakukan sebagai langkah preventif atau pencegahan agar ibu hamil lebih waspada terhadap diri dan buah hatinya. Apalagi ditengah pandemi covid-19 ini, setiap orang harus selalu menjaga diri dan meningkatkan imunitas tubuh. 

Edukasi diberikan dalam kegiatan posyandu di Balai Desa. Kegiatan posyandu ini menjadi salah satu kegiatan rutin yang akan dilakukan oleh kelompok 1 PMM Ambokembang. Kegiatan tersebut dibantu oleh Bidan Desa Ambokembang, Kader Desa Ambokembang, dan Perangkat Desa Ambokembang. 

Pada pelaksanaannya, mahasiswi melakukan edukasi dengan menggunakan power point(ppt) dibagi 3-4 orang tiap sesi sembari menunggu giliran untuk pemeriksaan ibu hamil. Ibu-ibu sangat antusias dengan materi yang diberikan. 

Pada penyampaian materi tersebut disampaikan bahwa anemia pada ibu hamil sangat berbahaya karena dapat menyebabkan kecacatan pada janin, bayi lahir prematur, keguguran, bahkan risiko tinggi kematian ibu dan bayi. 

Data dari Riset Kesehatan Dasar tahun 2018 menyebutkan bahwa 48,9% perempuan hamil di Indonesia mengalami anemia. Pencegahan terhadap anemia bisa kita lakukan secara mandiri, seperti mengkonsumsi makanan kaya akan zat besi(hati, kacang-kacangan, sayuran hijau), meningkatkan konsumsi buah yang mengandung vitamin C(jeruk, mangga, jambu biji) , mengkonsumsi tablet tambah darah/tablet Fe yang diberikan rutin oleh pihak posyandu.

“Penyuluhannya sangat bermanfaat." tambah Bidan Desa Ambokembang saat kegiatan selesai.

Program Pengabdian Masyarakat ini dibimbing langsung oleh Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) dari Fakultas Hukum, Bapak Nu’man Aunuh, SH., M.Hum.

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x