Mohon tunggu...
Maharani Sheila Zamfara
Maharani Sheila Zamfara Mohon Tunggu... Mahasiswa - HAI

Stay Humble

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud & Agama

Narasi Opini Perubahan Sosial Masyarakat Jakarta

5 Desember 2021   00:48 Diperbarui: 5 Desember 2021   01:31 50 0 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Corona Virus Disease pada tahun 2019 (Covid-19) telah menjadi pandemi global semenjak diumumkan oleh WHO pada tanggal 11 Maret 2020. Pandemi Covid-19 dimulai di Indonesia sejak teridentifikasi kasus konfirmasi positif pertama dan kedua pada tanggal 3 Maret 2020. Jakarta sebagai ibukota Indonesia adalah kota dengan populasi terbesar dan juga kasus Covid-19 terbanyak di Indonesia. Pengaruh itulah yang membuat masyarakat berubah atau mengalami perubahan. Perubahan itu disebut dengan perubahan sosial.

Menurut saya, perubahan sosial adalah suatu proses perubahan yang akan terjadi dalam kehidupan masyarakat baik itu durasinya lambat maupun sangat cepat atau dapat pula yang berkesinambungan. Ada dua hal yang berubah di ibukota semenjak terjadi Covid-19 ini, yaitu social density dan social mobility yang secara langsung akan berakibat pada perubahan ekonomi, sosial, budaya bahkan politik. Kemudian juga memunculkan masalah-masalah sosial yang lain, yaitu orang-orang mulai stress (bidang psikologi) karena hubungan-hubungan sosial yang biasa dijalin tidak terjadi seperti biasanya juga mungkin karena ekonomi yang tidak stabil. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa pengaruh Covid-19 terhadap perubahan sosial ini sangat besar dengan cepat terjadi walaupun tidak dikehendaki.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud & Agama Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud & Agama Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan