Mohon tunggu...
Maharani Rasyida
Maharani Rasyida Mohon Tunggu... Mahasiswa Ilmu Administrasi Niaga UI

20 years old, part time student, full time writer

Selanjutnya

Tutup

Bisnis

Business Model Canvas - SmartPlate

30 Mei 2019   10:34 Diperbarui: 30 Mei 2019   10:52 0 0 0 Mohon Tunggu...

Oleh

Maharani Rasyida

1606924934

Ilmu Administrasi Niaga

Fakultas Ilmu Administrasi

Universitas Indonesia

Saat ini, diet menjadi hal yang semakin erat dalam kehidupan manusia sehari-hari, bahkan telah menjadi kebutuhan sehari-hari. Kesadaran masyarakat untuk hidup sehat telah meningkat, dan bahkan menjadi tren di sebagian kalangan. Diet, sejatinya bukan hanya sesempit mengurangi porsi makanan untuk mengurangi berat badan, namun dapat diartikan sebagai upaya mengatur porsi makan yang sesuai dengan kebutuhan kalori tubuh masing-masing.

Sebenarnya, jika makanan yang dikonsumsi tidak sesuai dengan kebutuhan, maka tentunya akan mengganggu fungsi tubuh. Jika makanan yang dikonsumsi tidak dapat mencukupi kebutuhan kalori dan energi tubuh, maka tubuh tidak bisa berfungsi dengan optimal dan dapat berisiko timbulnya penyakit, seperti maag, anemia, kekurangan zat besi, dan lain-lain. Sedangkan, jika asupan makanan melebihi kebutuhan, maka kelebihan tersebut dapat tertimbun dan menyebabkan lemak, serta dapat pula mengganggu fungsi tubuh dan menyebabkan penyakit seperti obesitas, pada tahap yang ekstrim. Maka, diet adalah upaya yang diperlukan masyarakat untuk menjalani gaya hidup yang lebih sehat, dengan mengonsumsi makanan yang proporsinya tepat dengan kebutuhan, tidak lebih dan tidak kurang.

Namun, memastikan apakah kalori yang dikonsumsi sehari-hari telah memenuhi kebutuhan kalori atau bahkan melebihinya, bukanlah hal yang mudah. Masyarakat awam kebanyakan tidak dapat dengan mudah mengetahui nilai kalori dari makanan yang mereka konsumsi. Produk SmartPlate hadir untuk menjawab permasalahan ini, sebagai piring yang menampilkan proporsi kalori makanan yang ada di atasnya.

SmartPlate merupakan produk piring yang memiliki motif yang tercetak di atasnya. Motif tersebut berguna untuk menunjukkan ukuran atau proporsi asupan kalori serta gizi yang dibutuhkan oleh penggunanya, agar makanan yang dikonsumsi pengguna sesuai dengan kebutuhannya, tidak kurang ataupun lebih. Motif yang tercetak ini disesuaikan dengan kebutuhan pengguna yang dibagi menjadi beberapa kategori, yaitu perempuan, laki-laki, serta di beberapa kelas berat badan, misalnya 41-50 kg, 51-60 kg, dst. Selain itu, tersedia pula motif untuk program khusus, seperti program diet untuk mengurangi ataupun menambah berat badan.

BUSINESS MODEL CANVAS

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
KONTEN MENARIK LAINNYA
x