Mohon tunggu...
Maharani Amalia
Maharani Amalia Mohon Tunggu... Mahasiswa - KKN Tematik 2021

Check!

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud & Agama

KKN Tematik UPI 2021: Peran Media Pembelajaran Multimodal di Masa PJJ

31 Juli 2021   02:37 Diperbarui: 31 Juli 2021   03:03 36 1 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
KKN Tematik UPI 2021: Peran Media Pembelajaran Multimodal di Masa PJJ
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Sejalan dengan berkembangnya paradigma dunia tentang makna pendidikan, pendidikan dihadapkan dengan berbagai tantangan yang semakin berat. Salah satu tantangan yang nyata adalah bahwa pendidikan hendaknya berorientasi pada upaya dalam melahirkan sumber daya manusia yang memahami perannya dan memiliki kompetensi utuh. 

Kompetensi utuh yang diharapkan saat ini lebih menitikberatkan pada kompetensi berpikir dan berkomunikasi. Kompetensi berfikir artinya manusia diharapkan memiliki pengetahuan luas, mampu berfikir kritis dan kreatif. Adapun kompetensi berkomunikasi artinya manusia diharapkan mampu berinteraksi dalam bekerja sama dan menyampaikan ide gagasan kritis dan kreatifnya. Hal ini tentu menjadi sorotan utama yang perlu disikapi dengan sebaik-baiknya, karena pendidikan bagi suatu bangsa dapat mencerminkan kualitas bangsa itu sendiri sebagai bangsa yang berdaulat, bermartabat, terhormat, dan mampu berkompetisi serta berdaya saing tinggi.

 Menyoal hal diatas, seorang guru dalam artian memegang peran yang besar dan memiliki tanggung jawab yang sangat berat yang menuntut kecakapan melaksanakan tugas yang kompleks, berketerampilan, dan kritis dalam menangani berbagai fenomena termasuk Pandemi covid-19 yang saat ini sedang terjadi yang mengharuskan pembelajaran dilaksanakan secara jarak jauh. Menilik hal tersebut menjadi seorang pendidik tidaklah mudah, ia mesti memiliki jiwa, pondasi dan orientasi yang kokoh. 

Selain itu diperlukan sistem pendidikan yang matang, yang ditunjang dari berbagai aspek, baik dari kurikulum, guru, pengelolaan pembelajaran dan fasilitas. Salah satu fasilitas yang menunjang keberhasilan dan tercapainya tujuan pembelajaran di masa pandemi ini adalah komunikasi dalam pembelajaran yang dibantu dengan penggunaan media yang bersifat multimodal. 

Karena kita ketahui bahwa peserta didik memiliki gaya belajar yang berbeda-beda. Dengan kehadiran multimodal kapasitas dari sistem komunikasi diharapkan dapat menjadi sangat kaya sehingga pendidikan tidak lagi hanya bergantung pada literasi cetak saja dan peserta didik tidak menggunakan 1 gaya belajar saja tetapi juga dapat menggunakan berbagai gaya belajar seperti belajar visual, auditor, imajinatif dan sebagainya terutama di masa pembelajaran jarak jauh ini.

Salah satu mahasiswa Universitas Pendidikan Indonesia, bernama Maharani saat ini telah melaksanakan Kuliah Kerja Nyata (KKN) Tematik secara daring mulai sejak tanggal 1-30 Juli 2021 di SD daerah tempat tinggalnya. Dari beberapa pembicaraan bersama guru via Whats App seringkali beliau merasa takut peserta didiknya bosan dengan media pembelajaran yang diberikannya, sehingga beliau meminta bantuan untuk memberikan solusi dalam pembuatan media pembelajaran. 

Adapun Media pembelajaran yang Maharani desain merupakan E.book interaktif, dimana media ini salah satu media pembelajaran yang cukup efektif untuk menunjang keberhasilan proses belajar mengajar terutama di Masa PJJ. Media ini dapat dikatakan sebagai media yang multimodal, karena pesan disajikan dengan tidak terbatas dan bahasa yang digunakan pun tidak asing atau biasa digunakan peserta didik, selain itu bahasa diperkaya dengan ilustrasi/gambar, bunyi, spasi/ruang dan warna yang dibantu oleh teknologi sehingga penyampaian pesan tersampaikan melalui mode yang berbeda dengan cukup jelas dan menarik.

Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN