Mahansa Sinulingga
Mahansa Sinulingga Mohon Tunggu... Administrasi - Penulis yang tinggal di Bekasi dan bekerja di Jakarta.

Ikuti saya di blog mahansa.wordpress.com dan Twitter @mahansa.

Bermain Air di Siang Bolong

7 Oktober 2016   22:53 Diperbarui: 7 Oktober 2016   22:58 175
Joker Soaker di water park Legoland Malaysia.

Seperti saya sampaikan pada tulisan pertama seri jalan-jalan ke Legoland ini, karena memesan hotel secara daring, kami dapat membeli add on berupa tiket kombo untuk dua hari dengan harga satu hari. Kali ini, saya mau cerita tentang berenang di water park Legoland.

Kami sekeluarga senang bermain air dan hampir semua water park di seputar Jabodetabek sudah kami sambangi. Sebelumnya, tidak pernah terpikir untuk bermain air di negara orang. Jeremy juga sebenarnya hanya ingin main di theme park Legoland dan terutama menginap di hotelnya. Namun, begitu tahu ada opsi kombo begini, mengapa tidak sekalian?

Theme park, water park, dan hotel Legoland berada dalam satu kawasan resor. Letaknya bersebelahan. Dengan tiket kombo, pengunjung dapat keluar masuk theme park dan water park sesuka hati. Nah, tiket yang kami punya berlaku untuk dua hari. Jadi, lebih leluasa mengatur rencana, mana yang mau dikunjungi duluan.

Kami berencana, hari pertama akan dihabiskan di theme park, karena memang ini alasan utama kami berkunjung. Baru hari kedua kami ke water park. Ternyata, putusan kami keliru. Karena, setiap Jumat dan Sabtu di water park Legoland ada acara Wave Pool Party yang berlangsung dari pukul 5 sore hingga pukul 9 malam. Normalnya, water park tutup pada pukul 6 sore. Tentunya, ikut Wave Pool Party ini kudu bayar. Namun, tamu hotel yang memegang tiket kombo dapat ikutan gratis alias tak perlu bayar lagi. Padahal, kita sudah diberitahu oleh puan resepsionis, cuma nggak benar-benar ngeh. Baru nyadar setelah balik ke Indonesia dan buka-buka lagi websitenya... Ooo, ini tho yang tempo hari diceritakan si mbak-mbak itu. So, lesson learned-nya, ketahui benar setiap produk yang dibeli. Sayang, udah mahal-mahal, tidak dipakai dengan maksimal.

Mejeng dulu sebelum berenang

Setelah hari pertama “menyerah” karena kepanasan di theme park, kami merasa dokumentasi yang dibuat masih kurang. Jadi, setelah sarapan, saat matahari belum tinggi, kami kembali ke theme park.

Pada pagi di hari Minggu itu, pengunjung yang mau membeli tiket Legoland sudah mengular. Jam buka resmi theme park adalah pukul 10 pagi hingga pukul 6 sore. Namun, menurut info puan resepsionis, tamu hotel pemegang tiket kombo bisa masuk lebih awal, yaitu pukul 9. Maka, setelah puas berfoto dengan beragam aksi di area pelataran yang ikonis itu, kami pun menuju pintu masuk.

Ternyata, pengunjung lain pun diperbolehkan masuk. Rada kecewa juga, mana nih katanya dapat privilese. Yang lebih mengecewakan, kita memang diperbolehkan masuk, tetapi wahana-wahananya belum bisa dinaiki. Jadi, kita dipersilakan untuk melihat-lihat toko souvenir. Sama aja bo’ong ini mah.

Kita terpaksa menunggu karena memang mau foto-foto lagi di zona miniatur, mumpung sinar matahari belum terlalu keras. Tidak sia-sia kita datang lebih awal, karena sebelum theme park mulai beroperasi penuh, ternyata ada seremoni pembukaan berupa tari-tarian dari karakter Lego. Jeremy dan sejumlah anak kecil lain diajak untuk ikutan menari. Tidak berlama-lama di theme park, sesuai rencana, kita langsung mengepak koper, check out, menitipkan koper di penitipan hotel, lalu ke water park.

Bus yang akan membawa kita kembali ke Singapura standby pukul 4 sore. Jadi, kita masih punya waktu sekitar setengah hari untuk bermain air. Tapi, ternyata, bermain di water park Legoland menjelang tengah hari bukan ide yang brilian. Matahari begitu terik dan menyengat.

Pintu masuk water park Legoland Malaysia.
Dibandingkan sejumlah water park di seputar Jabodetabek, terus terang water park Legoland ini tidak terlalu mengesankan. Dibandingkan Ocean Park atau Go Wet, water park Legoland terasa kalah spektakuler dari sisi ukuran. Lantai pada kolam arus juga terasa seperti disemen biasa aja, demikian pula finishing berbagai ornamennya terasa seadanya. Yang membedakan barangkali karena di sini terdapat banyak potongan lego yang bisa dijadikan rakit-rakitan. Jadi, sambil berenang bermalas-malasan, bisa bermain lego.