Mohon tunggu...
Mahadewi Difara Salsabilah
Mahadewi Difara Salsabilah Mohon Tunggu... Mahasiswa - Pendidikan Fisika, Universitas Indraprasta PGRI

INTJ-A

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan Pilihan

Hal yang Perlu Diperhatikan agar Mudah Memahami Fisika

13 Juli 2022   15:06 Diperbarui: 13 Juli 2022   15:34 171 4 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Sumber: freepik.com

Fisika itu sebenarnya mudah namun sulit bila kita tidak benar-benar mendalaminya. Alam dan segala materi yang ada di dalamnya sangat erat kaitannya dengan fisika. Itulah mengapa pentingnya kita harus memahami fisika.

Namun kenyataannya, masih banyak siswa yang kesulitan dalam memahami fisika. Salah satu alasannya karena fisika itu ribet dan terlalu banyak rumusnya. Jangan khawatir! Pada artikel ini dijelaskan beberapa hal yang perlu diperhatikan agar mudah memahami fisika. 

1. Ubah Cara Berpikir

Cara berpikir kita sangat mempengaruhi dalam memahami fisika. Kalau dari awal saja kita sudah berpikir bahwa fisika itu sulit, maka seterusnya kita tidak bisa memahaminya. Coba deh tanamkan dalam diri dengan berpikir 'fisika tidak sesulit itu' dan selalu ulangi setiap kalian ingin belajar fisika.

2. Pahami Konsep 

Pahami konsep fisika terlebih dahulu agar mengetahui tujuan menggunakan rumus. Selain itu, banyaknya singkatan dalam fisika tidak perlu semuanya dihapal, yang penting tidak salah arti dan paham maksudnya. Misalnya pada rumus gaya = m x a = N, singkatan yang digunakan adalah F untuk gaya, m untuk massa, a untuk percepatan, dan N atau Newton sebagai satuannya.

3. Kerjakan Latihan Soal

Jangan malas dalam mengerjakan latihan soal, kalian bisa mulai dari soal yang paling mudah ke soal yang lebih sulit atau sering mengikuti test online fisika. Semakin sering mengerjakan soal, kalian tidak akan bingung dalam memilih rumus yang tepat, dan semakin mudah dalam menyelesaikan soal.

4. Selalu Mencatat

Membuat catatan sangat penting untuk mengetahui materi apa saja yang sulit untuk dipahami. Tuangkan kreatifitas kalian supaya catatan tidak terlihat membosankan dengan menggunakan spidol warna-warni, stiker lucu, dan sticky notes. Setelah itu, sering membaca catatan yang telah kalian buat supaya bisa mengerti fisika lebih dalam lagi.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan