Mohon tunggu...
Harist setiawan
Harist setiawan Mohon Tunggu...

Saya bukan pesulap, hanya seniman yang mengaku sebagai pesulap. Selain itu, saya juga punya hobi lain yaitu, nulis. yaudah gitu aja sih...

Selanjutnya

Tutup

Sosbud Pilihan

Ngeri tapi Berseni, Debus

28 April 2019   17:08 Diperbarui: 29 April 2019   07:34 70 5 1 Mohon Tunggu...
Ngeri tapi Berseni, Debus
seorang pemudi mengiris lidahnya || bantenwisata.com

Assalamualaikum Wr Wb

terimakasih untuk kalian yang sudah bersedia mengklik dan membaca postingan ini. Jangan lupa untuk beri nilai (tombolnya di bawah) dan jangan lupa komen di bawah.

Postingan ini adalah part 2 dari postingan yang sebelumnya. Masih soal seni dan permainan extreme yaitu DEBUS.

27/04/2019
~Harist Setiawan~



Sejak Beratus-ratus tahun yang lalu, sejarah telah berbicara tentang negara ini, negara Indonesia. Kekayaan demi kekayaan, keberagaman demi keberagaman, dan persatuan demi persatuan semua bercampur dan membuat Indonesia menjadi negara yang kaya. Sejarah berbicara bahwa Indonesia adalah negara yang sukses, negara yang kaya, dan negara yang cerdas. Kenapa bisa disebut cerdas?. Karena rakyat Indonesaia bisa menemukan makanan yang beragam, bahasa yang beragam dan bisa menemukan seni yang beragam. Kurang apa coba? Indonesia itu keren. 

Salah satu kekayaannya dan keberagamannya adalah seni debus. Debus merupakan permainan extreme dan mengerikan. Ngeri-ngeri geli ngeliatnya juga. Debus adalah permainan yang menampilkan kekebalan tubuh terhadap benda tajam. Ini adalah tanda kalo seni Indonesia itu beragam. Ini adalah jenis dan keberagaman permainan debus. (Baru debus loh belum yang lainnya ya).

1. Mengiris Tubuh Dengan Senjata Tajam

Ini adalah permainan umum dari debus. setiap pertunjukam pasti menampilkan atraksi ini. Pelaku debus awalnya menampilkan gerakan seni yang diiringi dengan musik kemudian dilanjutkan dengan pengetesan senjata yang membuktikan bahwa senjata yang dipakai adalah senjata yang tajam. Lalu seniman debus memasang kuda-kuda dan mulai mengiris senjata tajam ke beberapa bagian tubuhnya seperti tangan, perut, leher, lidah, rambut, dan bagian tubuh yang lainnya. Tapi anehnya, tak berbekas sama sekali, tidak ada luka yang berarti.

2. Bermain Api

bermain memakan api || pesona.travel
bermain memakan api || pesona.travel
Pernah melihat orang matiin api pake mulut? pernah lihat orang kebal sama api? atau bahkan pernah lihat orang ga mempan dibakar? itu adalah salah satu permainan dadi seni pertunjukan debus. Biasanya atraksi ini dimulai dengan semburan api yang besar dari mulut yang dimana seniman debus menyemburkan minyak yang mudah teebakar dari mulutnya lalu dilanjutkan atraksi api yang lain.


3. Bermain Beling

Seorang seniman memakan lampu neon || paranormamuslim.blogspot.com
Seorang seniman memakan lampu neon || paranormamuslim.blogspot.com


Didalam video yang saya tampilkan di atas, saya berbaring di atas tumpukan beling, itu adalah salah satu contohnya. Permainan lainnya adalah memakan beling, mengijak beling, cuci muka dengan beling ya pokonya yang berhubungan dengan beling.

4. Tusuk Jarum

seorang seniman menusuk jarum ke beberapa bagian pipinya || pesona.travel
seorang seniman menusuk jarum ke beberapa bagian pipinya || pesona.travel
Ini adalah permainan yang real. Ini permainan yang hanya bermodalkan tekad dan keberanian. Selebihnya bisa di lihat di video

5. Almadad

Seniman bermain almadad || bantencom.com
Seniman bermain almadad || bantencom.com
Ini permainan yang paling seru + seram + extreme. Pasalnya, ketika melihat alatnya yang besar dan runcing saja kita sudah merasakan ngeri tingkat tinggi. Ada yang tau bagaimana cara bermainnya? cara memainkannya adalah disimpan di perut. Cuma gitu doang mah anak kingkong yang ngga sekolah juga bisa kali. Belum selesai bro, maen motong-motong aja. Setelah di simpan d perut, arahkan bagian yang runcingnya ke perut lalu pukul bagian penopang oleh palu besar seperti memaku. Ada yang memainkannya tanpa terluka sedikitpun, ada juga yang memainkannya sampai isi perutnya terlihat. Wallahualam. Itulah kecerdasan manusia.

Yang begitu disebut cerdas-_-" gila lu ya?

Bro, fikir saja secara logis. Kalo kita melakukan hal tersebut tanpa memilirkan apapun, pasti lu bakal mati konyol. Semuanya yang dipertunjukkan di situ sudah difikirkan matang-matang.

Ya tetep aja ga waras. Mau aja nyiksa diri.

Bro, kita fikir secara logis aja yah. Memang ada orang yang ingin menyakiti dirinya sendiri? kalo bukan karna terpaksa mana mungkin mau. Kalaupun ada yang melakukan itu, hati mereka berkata lain. Dengan menyakiti diri semua tak akan terselesaikan. Seperti yang saya sebutkan di postingan sebelumnya. Semua ini menyangkut psikologis. Ga ada unsur jin dan ga ada unsur kekerasan.

Manusia diciptakan untuk berfikir. Jadilah manusia yang mampu berfikir secara logis. Kita luruskan fikiran kita. Sekali lagi, Jangan ambil sisi gelap dari sebuah karya seni, tapi ambil filosofi yang ada di dalamnya.

sebenernya masih banyak permainan permainan debus lainnya seperti bermain pecut, mengebor tubuh, dilindes motor dan lain lain. Tapi saya yakin mendengarnya saja sudah terbayang yah? ayo lestarikan budaya kita. Cinta Indonesia.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN