Mohon tunggu...
Muhammad AkmalFauzan
Muhammad AkmalFauzan Mohon Tunggu... Mahasiswa - mahasiswa

saya hanya membuat sebuah tulisan sebagai informasi

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Alam & Tekno

Dunia Seputar Phising dan Cara untuk Menghindarinya

19 Mei 2022   01:28 Diperbarui: 19 Mei 2022   01:34 95 1 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun

Pada era modern seperti ini kita tidak akan lepas yang namannya dari teknologi, social media, dan internet. Tentunya semakin maju nya sebuah teknologi ini sendiri membawa dampak baik dan buruknya juga tentunya, yang dimana dampak baiknya adalah memudahkan seseorang untuk menggali atau mendapatkan sebuah informasi baik  itu dari media social ataupun internet.

Dan untuk dampak buruknya sendiri adalah banyak para pengguna media social yang tidak bijak dalam menggunakan fasilitas tersebut contohnya saja sering sekali terjadi sebuah data diri kita di curi oleh orang lain ataupun akun social media kita yang di hack oleh seseorang yang kita sendiri tidak tahu bisa terjadi seperti itu. Dan juga ada beberapa web yang berembel-embel dengan akan memberikan hadiah seperti give away smartphone ataupun yang lainny, biasa disebut dengan phising.

Phising adalah upaya untuk mendapatkan informasi data seseorang dengan teknik pengelabuan. Data yang menjadi sasaran phising adalah data pribadi (nama, usia, alamat), data akun (username dan password), dan data finansial (informasi kartu kredit, rekening).  

Kegiatan phising memang bertujuan memancing orang untuk memberikan informasi pribadi secara sukarela tanpa disadari. Padahal informasi yang dibagikan tersebut akan digunakan untuk tujuan kejahatan.

Para pelaku phising biasanya menampakkan diri mereka sebagai pihak atau institusi yang mempunyai wewenang. Yang dimana mereka menggunakan sebuah web site yang kita tidak ketahui itu web site asli ataupun palsu. 

Mereka melakukan hal tersebut agar mengelabui kita, yang dimana orang yang berhasil terkelabui maka seluruh datanya akan otomatis tersalin di laptop pelaku phising tersebut. 

Aksi cyber crime ini sangat berbahaya sekali dan sudah memakan korban yang sangat banyak, yang dimana menurut laporan dari Anti Phising Working Group, mereka sudah mencatat sudah ada 165.722 website phising yang sudah menelan banyak korban

Jenis- jenis phising

  • Email phising
  • Spear phising
  • Web phising
  • Whaling

Berikut cara anda mengetahui terkena phising atau tidak

1. kita harus selalu update tentang berita phising

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Alam & Tekno Selengkapnya
Lihat Ilmu Alam & Tekno Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan