Mohon tunggu...
Muhammad alex ferdiansyah
Muhammad alex ferdiansyah Mohon Tunggu... Diplomat - Mahasiswa

Laki laki

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Pengabdian Masyarakat san Pendampingan Pembelajaran Al-Qur'an di TPQ Roudlotus Shibyan Gerdu Laut

6 Desember 2021   12:47 Diperbarui: 6 Desember 2021   12:48 179
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Assalamualaikum. 

Alhamdulillah. Pada kali ini saya akan menceritakan seperti judul diatas dengan tema "pendampingan dan pengabdian guna meningkatkan kualitas akademik maupun non akademik di dusun maron desa sidowarek.

Lebih tepatnya Alamat: Jln. Gerdu Laut, Dsn. Maron, Ds. Sidowarek, Kec, Ngoro, Kab. Jombang, Prov. Jawa Timur, 61432, RT. 02 RW. 02Alamat: Jln. Gerdu Laut, Dsn. Maron, Ds. Sidowarek, Kec, Ngoro, Kab. Jombang, Prov. Jawa Timur, 61432, RT. 02 RW. 02

Selama 1 bulan. Saya dan teman berada di desa tersebut untuk mengerjakan tugas dari kampus yakni KDLK (Kuliah Di Luar Kampus) yang biasa kita sebut dengan KKN. 

Pertama tama kegiatan yang kami lakukan adalah pembukaan. Saat pembukaan saya menjadi MC yang agak buruk, namun para santri dan ustadzah ustazah masih tetap mendukung karena kelakuan saya yang menjadi seperti badut. Setelah selesai pembukaan kini kami diberi tugas masing masing untuk mengajar para santri, dan saya dapat santri yanbua jilid 4 -5.

Setiap hari (kecuali hari Ahad dan hujan deras) saya dan teman teman mengajar para santri dengan baik, terkadang juga ada yang suka usil dengan saya, namun hal tersebut saya terima karena, saya merasakan sebuah nostalgia menjadi guru.

Saat hari Jumat (pekan 1), saya menjadi pengisi BCM (bermain cerita menyanyi). Hal tersebut membuat saya tersadar bahwa mendidik santri itu mudah mudah sulit, karena dimana kita harus bersikap seperti anak anak.

Selanjutnya ketika hari Jumat (pekan 3) saya dan teman-teman melakukan kegiatan bersih bersih yang dilakukan oleh laki-laki dan ada yang memasak yang dilakukan oleh perempuan. Hal tersebut lah membuat saya sadar bahwa ketika melakukan pekerjaan secar bersamaan itu jauh akan lebih mudah.

Berlajut pada hari Jumat (pekan 4) kaki mengadakan lomba untuk para santri,karena kelas nya beda mungkin dari jilid 1-3 itu mewarnai, jilid 4-5 itu hafalan surat pendek dan yg kelas marhalah itu lomba praktek sholat. Dilaksanakan pada hari Jumat dan Sabtu, akan tetapi karena Sabtu itu hujan sangat deras, maka lomba praktek sholat dilakukan pada hari Ahad.

Lanjut pada hari Senin. Kami dan para santri dan juga ustadz melakukan ziarah ke makam Gusdur dan KH. Asy'ari keras. Dengan menaiki bus tayo.

Lanjut pada hari Selasa. Saya dan teman teman melaksanakan acara terakhir yaitu penutupan KDLK. Hal tersebut membuat saya rindu akan mengajar dan bermain bersama para santri disana.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun