Mohon tunggu...
MAFAKHIR ANWAR
MAFAKHIR ANWAR Mohon Tunggu... PEKERJA SOSIAL

Belajar dari pengalaman hidup adalah guru terbaik...

Selanjutnya

Tutup

Sosbud

Sudah Pancasilakah Kita?

20 September 2020   15:21 Diperbarui: 20 September 2020   15:40 19 3 0 Mohon Tunggu...

"Kita INDONESIA...!

Kita PANCASILA ...!"

Sering kali atau kerap kali kita mendengar, membaca ungkapan kalimat penuh Heroik, yang menyatakan bahwa kita adalah INDONESIA , Kita PANCASILA

Kita adalah INDONESIA , Iyaa. benar sekali !,  Kita PANCASILA,,,?? ini yang perlu kita kaji dan introspeksi diri  didalam mengimplementasikan Kalimat tersebut dalam kehidupan nyata, Bila kita belum mampu mengimplementasikan kelima sila yang terkandung didalam PANCASILA, maka kita masih jauh dari Kalimat tersebut, dan wajar bila timbul kalimat petanyaan " apakah kita sudah benar benar PANCASILA...??"

Mengapa demikian...? penulis dalam hal ini tidak berniat menggurui siapapun .... kita disini sama sama belajar , introspeksi diri sudah sejauh mana Kalimat "Kita PANCASILA " layak kita ucapkan dengan penuh rasa TANGGUNG JAWAB.

karena Pancasila itu bukanlah sekedar DASAR NEGARA kita yang wajib kita pertahankan., bukan sekedar Lambang Negara yang di gambarkan dengan sosok Burung GARUDA yang Gagah Perkasa, yang memiliki 17 helai bulu dimasing masing Sayap, 8 helai bulu di  ekor, 19 helai bulu dibawah perisai dan 45 helai bulu di leher, yang dengan gagah membawa perisai yang berisikan simbol dari kelima SILA didalam PANCASILA....! Akan tetapi WAJIB kita Implementasikan didalam kehidupan berbangsa dan bernegara.

Jangan kita khianati dan munafikkan kalimat SAYA PANCASILA dengan perbuatan yang tidak sejalan didalam kelima SILA yang terkandung didalam PANCASILA itu sendiri..

1. Ketuhanan yang Maha Esa

Apakah kita percaya Tuhan itu ada? Apakah kita sudah beragama? Apakah kita sudah menjalankan Syariat dan Beribadah sesuai dengan Agama yang kita anut ?

2. Kemanusiaan yang adil dan beradab

Sudah berbuat adil dan  saling tolong menolongkah terhadap sesama? apakah kita perduli dan saling memberi  ketika ada tetangga kita kekurangan? sudah ramah kah kita terhadap lingkungan sekitar kita..?

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x