Mohon tunggu...
I Made Widiade
I Made Widiade Mohon Tunggu... Pengembara

Hei, Saya I Made Widiade.

Selanjutnya

Tutup

Humaniora

Seperti Apa Ya Perekonomian di Negara Singapura?

22 November 2019   12:14 Diperbarui: 22 November 2019   12:54 3462 1 1 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Seperti Apa Ya Perekonomian di Negara Singapura?
Image credit: Pixabay

Seperti yang kita tahu bahwa Singapura merupakan negara maju yang berada di Asia Tenggara. Bisa dibilang negara ini cuma pulau kecil, namun memiliki peran yang penting pada perdagangan dan keuangan internasional.

Letak Negara Singapura bisa dikatakan strategis, karena berada di jalur transit perdagangan, lalu lintas laut, dan lalu lintas udara dunia. Dengan begitu, negara ini bisa mendapatkan banyak keuntungan, yaitu teknologi informasi dan komunikasi yang maju dari berbagai negara dan bisa dengan cepat diadaptasikan. Lalu juga dengan menjadi jalur transit perdagangan, maka pajak yang diterima semakin banyak dan menjadi sumber pendapatan untuk Singapura. Lalu seperti apa perekonomian di Negara Singapura?

Perekonomian Negara Singapura adalah pasar ekonomi yang bebas dan maju. Industri dan perdagangan menjadi tumpuan perekonomian negara ini. Singapura sangat berperan sebagai negara industri dan menjadi pelopor industri di kawasan Asia Tenggara.

Bahkan Singapura merupakan salah satu negara dengan kekuatan industri terbesar di dunia. Beberapa industri yang dikembangkan adalah bahan kimia, elektronika, perbankan, perdagangan, dan pariwisata. Lalu berbagai sarana dan prasarana modern juga sudah menjadi bagian kehidupan bagi penduduk di negara ini.

Badan usaha milik negara memiliki peran penting bagi perekonomian Singapura. Misalnya perusahaan Temasek Holdings, yang mana memegang saham mayoritas di beberapa perusahaan besar di negara tersebut. Misalnya di Singapore Airlines, SingTel, ST Engineering, dan MediaCorp.

Melalui industri dan perdagangan, negara ini bisa menyediakan sumber pendapatan utama bagi perekonomiannya. Lalu mereka bisa membeli sumber daya alam dan bahan mentah yang kurang. Singapura bisa membeli barang mentah lalu diolah untuk diekspor kembali.

Nah, kurang lebihnya begitulah deskripsi perekonomian di Negara Singapura.

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x