Mohon tunggu...
Restu PutraMadestan
Restu PutraMadestan Mohon Tunggu... Lainnya - restu

Penugasan

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud & Agama

Pengaruh Pandemi terhadap Ekonomi dan Pendidikan Indonesia

30 Juli 2021   04:47 Diperbarui: 30 Juli 2021   04:50 155 0 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Pengaruh Pandemi terhadap Ekonomi dan Pendidikan Indonesia
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Pengaruh Covid-19 Pada Pendidikan Dan Ekonomi Masyarakat Indonesia 

Seperti yang kita ketahui kasus covid-19 di Indonesia hingga saat ini sudah mencapai 3.082.310 kasus dan kasus meninggal dunia akibat covid-19 telah mencapai angka 79.032 korban jiwa, pemerintah sudah melakukan segala cara untuk menanggulangi pandemi covid-19 ini, mulai dari melakukan lockdown, program newnormal hingga saat ini telah dilakukannya program PPKM darurat.

Sebagai warga negara Indonesia sebaiknya kita menuruti apa yang diinginkan pemerintah untuk menanggulangi covid-19 dari negara tercinta kita, sayangnya semua yang dianggap solusi tidak membuahkan sebuah solusi untuk sebagian orang yang hidupnya kurang makmur, mereka harus tetap bekerja dan mengikuti protokol kesehatan pada masa pandemi untuk menghidupi diri sendiri dan keluarganya. 

Dan juga sistem pendidikan mengalami perubahan akibat peraturan yang dibuat oleh pemerintah yang mengakibatkan pembelajaran dilakukan secara daring yang dikenal sebagai pjj (pembelajaran jarak jauh), karena sistem pembelajaran yang berubah menjadi daring hal ini sangat berpengaruh pada adaptasi dalam kegiatan pembelajaran akibat perubahan mekanisme dan sistem pembelajaran pada masa pandemi saat ini.

Pengaruh Covid-19 Terhadap Ekonomi Masyarakat Indonesia 

Kondisi perekonomian masyarakat Indonesia saat ini sedang tidak stabil dikala pemerintah sedang berupaya untuk mengoptimalkan kondisi perekonomian di Indonesia, seperti yang kita ketahui sekarang dampak dari pandemi ini sangat berpengaruh terhadap segala aspek terutama pada kondisi perekonomian masayarakat. 

Dengan adanya pandemi Covid-19 tidak dapat dipungkiri bahwa perekonomian masayarakat Indonesia saat ini sedang berada dalam kondisi yang bisa dibilang tidak stabil Hal itu menyebabkan melemahnya konsumsi rumah tangga, akibat pelemahan ekonomi juga mengakibatkan harga komoditas turun dan Covid-19 ini menimbulkan adanya ketidakpastian, kapan pandemi akan berakhir sehingga dibidang investasi juga ikut melemah dan berimplikasi terhadap berhentinya sebuah usaha.  

Untuk menanggulanginya pemerintah telah melakukan bantuan yang digulirkan melalui Kemensos, yakni Program Keluarga Harapan (PKH), Bantuan Pangan Nontunai (BPNT), dan Bantuan Sosial Tunai (BST). Penyaluran bansos secara tepat dan cepat guna meningkatkan stimulus daya beli serta mendorong upaya pemulihan ekonomi masyarakat. 

Dampak Terhadap Pendidikan 

Pendidikan di Indonesia berubah menjadi sistem daring sejak adanya Corona Virus. Munculnya pandemi Covid-19 mempengaruhi pendidikan di Indonesia, yang sebelumnya pembelajaran secara tatap muka (Luring) tetapi pada masa Pandemi ini sistem pembelajaran tersebut tidak lagi berlaku, guna mengurangi penyebaran virus Covid-19 di Indonesia.

Pemerintah melakukan berbagai cara agar pendidikan bisa terus berjalan di era Pandemi ini, pemerintah akhirnya membuat kebijakan baru dengan menerapkan sistem pembelajaran dari rumah masing-masing yaitu daring (Pembelajaran dalam jaringan) melalui berbagai platform. Metode tersebut memanfaatkan aplikasi online untuk kegiatan pembelajaran jarak jauh yang sudah terhubung dengan internet, hal ini dapat membuat siswa tetap berada di rumah masing-masing dan mengerjakan seluruh kegiatan pembelajaran melalui online

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN