Mohon tunggu...
Made Radikia Prasanta
Made Radikia Prasanta Mohon Tunggu... Mahasiswa - Seorang mahasiswa

-

Selanjutnya

Tutup

Teknologi

Mahasiswa UM Ciptakan Kursi Canggih Cegah Sitting Disease

18 September 2021   16:54 Diperbarui: 18 September 2021   17:27 83 0 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Mahasiswa UM Ciptakan Kursi Canggih Cegah Sitting Disease
Sumber: Dokpri

Berawal dari banyaknya bermunculan berita terkait penyakit sitting disease yang dapat menyebabkan penyakit yaitu disebut dengan Sedentary Lifestyle. 

Sedentary lifestyle atau dikenal dengan istilah “moving less and sitting more” didefinisikan sebagai perilaku menetap berupa gaya hidup yang tidak banyak melakukan aktivitas fisik. 

Sedentary lifestyle memiliki dampak besar terhadap kesehatan manusia, hal tersebut dapat memicu timbulnya permasalahan kesehatan yaitu “Sitting Disease” yang merupakan kondisi gangguan kesehatan dan penyakit kronis yang berkaitan dengan perilaku menetap seperti duduk dalam waktu yang lama, kurangnya aktivitas fisik dan postur duduk yang salah.

Prihatin dengan ancaman penyakit sitting disease maka 4 mahasiswa UM yang berasal dari berbagai program studi merancang kursi pintar yang dapat mendeteksi postur duduk pengguna. 

"Kursi ini dapat memberikan notifikasi jika pengguna melakukan posisi duduk yang salah" Ujar Rafika. 

Kursi pintar ini bernama BeFit, yang dapat mendeteksi baik atau buruknya posisi duduk pengguna serta terintegrasi dengan smartphone. Jika posisi duduk pengguna salah, maka akan terdeteksi oleh kursi dan pengguna akan mendapatkan notifikasi pada aplikasi BeFit untuk segera melakukan perbaikan posisi. 

Selain itu kursi ini juga memliki fitur streching atau olahraga ringan pada bagian kaki dan tangan, streching dapat dilakukan sembari duduk untuk meningkatkan fleksibilitas otot dan mencegah sitting disease. Kursi ini juga sudah mendapatkan hak cipta dan nomor pendaftaran hak paten oleh Ditjen HKI, Kementerian Hukum dan HAM.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Teknologi Selengkapnya
Lihat Teknologi Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x
LAPORKAN KONTEN
Alasan