Mohon tunggu...
Mada Nurinnaja Almadina
Mada Nurinnaja Almadina Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa Ilmu Komunikasi UIN Sunan Kalijaga 21107030118

a reader that writes sometimes

Selanjutnya

Tutup

Nature Pilihan

Fakta dan Pentingnya Hari Meteorologi Sedunia 2022

22 Maret 2022   21:54 Diperbarui: 22 Maret 2022   21:57 416 5 1
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Poster hari meteorologi dunia WMO (https://public.wmo.int)

Sebelum mulai membahas topik kali ini, apakah kalian sudah tau bahwa pada tanggal 23 maret ini akan ada hari internasional tentang meteorologi sedunia?

World Meteorogical Day 2022 atau Hari Meteorologi Sedunia ke 72 tahun ini jatuh pada tanggal 23 Maret 2022 dengan mengangkat tema "early warning and early action" yaitu "peringatan dini dan tindakan dini", pada hari ini kita diajak untuk memperingati pentingnya aksi atau kegiatan yang dilakukan oleh masyarakat serta peran mereka dalam melindungi atmosfer Bumi.

Pada hari ini juga diperingati sebagai hari berdirinya World Meteorological Organization (WMO) yang merupakan organisasi antar pemerintah beranggotakan 193 negara dan teritori anggotanya yang berdiri pada tanggal 23 Maret 1950.

Menurut situs web WMO, makna dari hari meteorologi sedunia ini adalah untuk "menunjukkan kontribusi penting dari Layanan Meteorologi dan Hidrologi Nasional untuk keselamatan dan kesejahteraan masyarakat." Hari meteorologi sedunia ini bukanlah hari libur umum tetapi sebagai hari pengakuan global.

Kalau begitu apa saja fakta-fakta dan pentingnya hari meteorologi sedunia ini? mari kita simak lebih lanjut.

Tema Hari Meteorologi Sedunia

Hari Meteorologi Sedunia dirayakan dengan tema atau slogan yang berbeda setiap tahunnya. Pada tahun 2021 temanya yaitu "The ocean, our climate, and weather" atau "Lautan, iklim, dan cuaca kita". Tema tahun lalu berfokus pada laut yang memiliki peran penting dalam perubahan iklim, yang sangat berpengaruh pada ketahanan pangan dan sektor ekonomi global. Sehingga WMO pun memfokuskan untuk memantau laut dan perubahannya.

Tahun ini Hari Meteorologi Sedunia mengusung tema "early warning and early action" atau "peringatan dini dan tindakan dini". Tema ini diangkat berdasarkan kejadian yang sedang terjadi di dunia ini perihal perubahan iklim yang tidak menentu, mengakibatkan banyaknya masyarakat yang terpapar penyakit ditambah dengan adanya pandemi covid-19 yang mempersulit pergerakan publik dalam berbagai sektor.

Maka dari itu diharapkan dengan diangkatnya tema tahun ini WMO akan membantu dengan menginformasikan prakiraan cuaca dan menginformasikan kepada publik tentang apa yang harus dilakukan pada cuaca genting untuk menyelamatkan banyak nyawa serta melindungi mata pencaharian masyarakat di mana pun, baik di masa ini maupun di masa depan.

Sejarah Lahirnya Hari Meteorologi Sedunia

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Nature Selengkapnya
Lihat Nature Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan