Mohon tunggu...
Machfudz Al faroh
Machfudz Al faroh Mohon Tunggu... Guru - Orang baru belajar

Hanya manusia biasa

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud Pilihan

3 Cara agar Mudah Memahami Materi Pelajaran dengan Mudah

1 November 2022   21:58 Diperbarui: 1 November 2022   22:13 132
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Assalamualaikum kawan-kawan mahasiswa, kalian pernah ga mengalami susah memahami suatu materi pelajaran padahal kalian sudah belajar se maksimal mungkin? Nah, kalau kalian merasa begitu, kalian datang di artikel yang tepat. Pasalnya, saya ingin megajak kalian bagaimana cara agar mudah memahami materi pelajaran dengan cepat.

Tekadang faktor kita kurang memahami pelajaran karena tingkat kosentrasi kita yang kurang juga punya prinsip dalam belajar dan suasan yang nyaman.

Mungkin, kawan-kawan mahasiswa sering terganggu dalam belajar atau memang kamu ada kesuliatan dalam motorik otak kalian atau dari emosial dalam belajar kurang nyaman karena kalo emosial atau metal kita tidak nyaman atau stabil itu akan sulit memahami sesuatu.

1.Membuat Mind Mapping Sendiri

Salah satu kunci keberhasilan seseorang memahami materi pelajaran adalah dengan membuat mind mapping terlebih dahulu.

Apa itu mind mapping? Mind mapping adalah sebuah kerangka yang dibuat dengan cara mengelompokkan beberapa ide dalam bentuk visual atau gambar untuk membantu mengingat dan memahami dari setiap kerangka supaya kalian mudah mengingatnya.

Sebagai contoh, kalian semester 5 kalian pelajari telaah kurikulum. Nah, kalian bisa tuh bikin mapping mata kuliah telaah kurikulum yang lagi kalian pelajari. Karena dengan map mapping kalian juga bisa menata dan mengetahui pelajaran apa yang kamu ketahui.
Nah, lewat cara ini, kalian bisa menemukan konsep baru dalam belajar serta menemukan masalah yang lagi kalian hadapi dalam mempelajari suatu materi.

2.  Membuat Cacatan Kecil

Cara memahami  materi pembelajaran dengan cepat yang sejautmya yaitu membuat cacatan kecil.

Ketika di kelas, seringkali Bapak/Ibu dosen menerangkan suatu poin penting dalam materi.  Nah, kawan-kawan mahasiswa ebaiknya mencatat hal tersebut supaya di kemudian hari.

Catatan-catan kecil yang terkumpul akan memudahkan kalian dalam mengingat satu materi. Kalau memungkinkan, kalian bisamempersiapkan satu buku untuk menulis poin-poin penting.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun