Mas Yunus
Mas Yunus Dosen

Writer. Menulis untuk mengapresiasi. Menyukai seputar ekonomi komunitas, trip wisata, edukasi, dan ragam potensi lokal. Tinggal di Kota Malang.

Selanjutnya

Tutup

Humaniora highlight

Bukber ala Komunitas Brotherhood

19 Juni 2017   10:01 Diperbarui: 20 Juni 2017   01:01 93 5 3
Bukber ala Komunitas Brotherhood
Bukber Ala Brotherhood Community di Resto Candi, Jl. Raya Candi VI, Kota Malang/Dok. Foto by Moch. Saiful

Menghadiri acara Buka Bersama (Bukber) komunitas Brotherhood pada sore itu (Sabtu, 17/06/2017) terasa berbeda. Sembari Bukber, mereka bersepakat untuk melakukan kegiatan sosial Post Ramadan dengan cara "bantingan", alias iuran sukarela. Alhamdulillah, secara spontan terkumpul dana sekira Rp 5 juta ketika itu. 

Iuran sukarela ala Brotherhood Community di acara Bukber/Dok. Pribadi
Iuran sukarela ala Brotherhood Community di acara Bukber/Dok. Pribadi

Acara Bukber berlangsung di Candi Resto yang beralamatkan di Jl. Raya Candi Gg VI, Kota Malang. Lokasinya sekitar 2 km dari Malang Town Square (Matos) ke arah barat menuju perumahan Greenland at Tidar atau ke arah perumahan Bukit Cemara Tidar (BCT).

"Tujuan Bukan yang Utama, Kebersamaan yang paling Utama". Begitulah slogan yang mereka usung. Karenanya, komunitas ini sering berkumpul dan "berbagi" sembari jalan-jalan. Salah satu pegiat komunitas Brotherhood, Mas Saiful menuturkan, "Komunitas ini sering touring, jalan-jalan ke pantai; hampir semua pantai di Malang pernah didatanginya".

Slogan Komunitas Brotherhood/Dok. Pribadi
Slogan Komunitas Brotherhood/Dok. Pribadi

Mayoritas anggota komunitas Brotherhood berasal dari para pelaku usaha kecil jenis perangkat komputer dan servis printer. Jumlah anggota komunitas sekitar 40-an orang. Markasnya berada di sebuah gerai Galaxy Printer dekat stasiun kereta api. Setelah saya konfirmasi ke pemiliknya yang juga sekaligus koordinator komunitas, Mas Han, alamat gerai itu berada di Jl. Trunojoyo No. 78 Kota Malang. 

Koordinator Brotherhood Community yang akrab disapa Mas Han/Dok. Pribadi
Koordinator Brotherhood Community yang akrab disapa Mas Han/Dok. Pribadi

Kala itu, kami berdua, saya dan Mas Hery mewakili komunitas Bolang untuk menghadiri acara Bukber atas undangan komunitas Brotherhood. Di acara itu, kami menyaksikan para anggota komunitas itu membuat dua kesepakatan. Pertama, sepakat untuk mengadakan acara halal bi halal untuk saling bermaaf-maafan selepas Ramadan (Idul Fitri)Acara ini hendak dilaksanakan pada 9 Juli 2017 nanti. 

Kedua, mereka sepakat untuk berbagi daging kurban langsung ke rumah-rumah penduduk yang berada di pesisir Kabupaten Malang. Acara ini hendak dilaksanakan pada 2 September 2017. Salah satu tujuannya adalah untuk membantu mencukupi gizi kaum fakir miskin di wilayah pesisir yang belum tentu merasakan daging qurban. Sementara tempat penyembelihannya di Jl. Raya Sumbersari gg 4 No. 225 Malang. 

Begitulah, meskipun "bukber" diadakan berulang kali, selalu saja ada hikmahnya. Seperti moment bukber kala itu, komunitas Brotherhood memanfaatkannya untuk menggagas aksi sosial. 

Semoga aksi itu menjadi bagian dari perwujudan perilaku manusia manusia baru selepas Ramadan, yakni manusia yang senantiasa mau belajar untuk mengasah batin kolektif buat berbagi dengan sesamanya.