Mohon tunggu...
Mas Yunus
Mas Yunus Mohon Tunggu... Dosen - Beyond Blogger. Penulis ihwal pengembangan ekonomi masyarakat, wisata, edukasi, dan bisnis.

Tinggal di Kota Malang. Bersyukur itu indah. Kepercayaan adalah modal paling berharga. Menulis untuk mengapresiasi. Lebih dari itu, adalah bonus.

Selanjutnya

Tutup

Entrepreneur Pilihan

UIN Mengabdi 2021: Perkuat Digital Marketing di Kampung Nila Slilir Kota Malang

30 September 2021   12:51 Diperbarui: 30 September 2021   13:05 220 10 2
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Kolam Bioflok di Kampung Nila Slilir Kota Malang|Foto Dok. Muhammad Yunus 

Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) merupakan salah satu pilar dalam tridharma perguruan tinggi. Selain menyelenggarakan pendidikan dan pengajaran, universitas juga melaksanakan dharma penelitian dan dharma PkM.

Sebagaimana tahun-tahun sebelumnya, UIN Maulana Malik Ibrahim Malang melaksanakan PkM sebagai perwujudan dari dharmanya. Pada tahun ini, universitas tersebut mengangkat tema UIN Mengabdi Qaryah Thayyibah 2021.

Qaryah Thayyibah dimaknai sebagai desa (negeri) yang baik (smart village), yang didalamnya dihuni oleh sekumpulan keluarga (dzurriyyah-dzurriyyah) yang hidup di tengah masyarakat dengan rukun, toleran, dan saling bekerja sama untuk kebaikan dan kemakmuran.

Atas dasar itu, maka disusunlah dalam panduan UIN Mengabdi tentang  indikator-indikator pencapaian UIN Mengabdi Qaryah Thayyibah sebagai berikut: (1) masyarakat bebas dari "Mo Limo" (maling, madon, main, madat, dan mabuk), (2) lingkungan yang aman, bersih, sehat, dan indah; (3) Warga yang hidup rukun, tentram, dan makmur, dan (4) Tempat ibadah yang marak, serta membawa keberkahan bagi seluruh warga sekitar.

Pada tahun 2021 ini, kebetulan saya dan kawan-kawan mendapat tugas dharma pengabdian Qaryah Thayyibah (Smart Village) aspek sosial ekonomi. Sasaran pengabdiannya adalah komunitas Kampung Nila Slilir (KNS) yang berdekatan dengan Pondok Pesantren Hidayatul Mubtadiin al-Hikmah. Sentra Kampung Nila Slilir itu beralamatkan di Jl. Pelabuhan Tanjung Priok No. 93, Bakalankrajan, Kecamatan Sukun, Kota Malang, Jawa Timur 65148.

Pelaksanaan pengabdian dilakukan oleh tim kecil, kolaborasi antara dosen dan mahasiswa UIN Maulana Malik Ibrahim Malang dengan pihak KNS. Mereka yang tergabung dalam tim kecil ini adalah Muh. Yunus (Pendidikan IPS/Ekonomi), Supriono (Teknik Informatika), dan dibantu oleh dua orang mahasiswa yang menjadi bimbingannya.

Tim Pendampingan Qaryah Thayyibah di Kampung Nila Slilir|Foto Dok. Muhammad Yunus
Tim Pendampingan Qaryah Thayyibah di Kampung Nila Slilir|Foto Dok. Muhammad Yunus

KNS dipilih, karena memiliki potensi unik yang dapat dikembangkan menjadi destinasi wisata tematik "Kampung Nila Slilir" yang menarik. Kami dari tim kecil PkM, berkesempatan melaksanakan obervasi sekitar bulam Mei 2021 dan secara intensif melakukan pengabdian pada bulan Juni-Juli 2021.

Bentuk pengabdian kami adalah melakukan analisis wilayah, identifikasi sumberdaya, dan memberikan solusi pemasaran ikan nila secara online dengan mengembangkan website Kampung Nila[dot]com

Alhamdulillah, berkat kerja sama dengan bayak pihak, Kampung Nial Slilir kemudian berkembang menjadi Sentra Inovasi Budidaya Ikan Nila, disingkat "Si Ikan Nila". Inovasi Budidaya "Si Ikan Nila" dalam perkembangannya terpilih sebagai "Top 45 Inovasi Terpuji KIPP 2021".

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Entrepreneur Selengkapnya
Lihat Entrepreneur Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan