Mohon tunggu...
Mas Yunus
Mas Yunus Mohon Tunggu... Dosen - Beyond Blogger. Penulis ihwal pengembangan ekonomi masyarakat, wisata, edukasi, dan bisnis.

Tinggal di Kota Malang. Bersyukur itu indah. Kepercayaan adalah modal paling berharga. Menulis untuk mengapresiasi. Lebih dari itu, adalah bonus.

Selanjutnya

Tutup

Lyfe Pilihan

Dari Gong-gong hingga Bolang, Ada Kompasiana

21 November 2017   23:45 Diperbarui: 22 November 2017   00:05 656
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bolang Tampil di Ajang Indonesia Communty Day (2017) di Jogyakarta/Dok. Bolang

Ada yang unik. Tak menulis selama tiga bulan di Blog Kompasiana, tangan ini serasa gatal, hehe :). Maka kutuliskan artikel kecil ini, sekaligus  sebagai bagian dari perwujudan ikut merayakan Ultah Kompasiana  yang ke-9, sejak ia diluncurkan pada 22 Oktober 2008.

Izinkan saya menuliskan kenangan selama berinteraksi di Kompasiana, seperti moment-moment unik yang sulit saya lupakan saat bersama Kompasiana berikut ini.

Icip Icip Gong Gong

Saya pertama kali mencicipi Gong Gong bersama Kompasiana. Tulisan saya tentang wisata Balekambang, mengantarkan saya untuk mengiktui BlogTrip Kompasiana di Bintan Resort, Kepulauan Riau sekitar akhir tahun 2016 lalu.

Kala itu, saya dan kawan-kawan Kompasianer berkesempatan menikmati Gong Gong di restoran tengah laut yang begitu menawan, The Kelong. Makan Gong Gong untuk pertama kali, rasanya aneh, kenyal-kenyal manis enak gimana gituh... seperti makan ikan cumi-cumi segar yang baru diambil dari laut lalu dimasak. Sedaap... hehe :)

Beberapa hari usai menikmati sejumlah wisata di Bintan Resorts tersebut, satu review tulisan saya berjudul, "Mengeksplorasi Taman Surga Eco Resort di Pulan Bintan", mengantarkan saya kembali untuk menikmati keindahan wisata di kawasan Ubud, Pulau Bali.

Kala itu, saya dan kawan-kawan kompasianer bermalam di hotel milik kerajaan Ubud, The Royal Pitahamaha. Pengalaman indah yang tak pernah terlupakan. Salah satu kenangan lain bersama Kompasiana di Bali kala itu, saya tuangkan dalam tulisan berjudul, "Pesona Dala Spa Alaya Resort Ubud Di balik Perempuan Bali". Terima kasih Kompasiana.

Satu hal yang tak terlupakan, pengalaman selama mengikuti Blogtrip Kompasiana di Bintan Resort, kemudian saya tuliskan di TripAdvisor berjudul, "Menginap di The Canopy, Laksana Berkemah di Tepi Pantai". Tulisan singkat itu mendapat respon pembaca asal Singapura (6%), Amerika Serikat (3%), Indonesia (87%), dan negara lain (4%).

  • Apa Bonus Menulis di Kompasiana?
  • Berkompasiana itu bukan sekedar sharing and connecting,tetapi juga ngeblog yang bukan sekedar nulis di blog. Kompasiana itu Beyond Blogging. Ya menulis, kopdaran, nangkring, dan atau mengikuti event-event Kompasiana lain serta bertemu kolega baru dari berbagai latar belakang. Indahnya persaudaraan.
  • Jika kebetulan memenangkan lomba menulis di blog Kompasiana, itu saya anggap sebagai bonus yang menggembirakan, hehe J. Dua tulisan saya ini adalah sebagian contohnya: (1) Siaga Bencana di Negeri Cincin Api, dan (2) Komunitas Zakat Malang Hadirkan Inovasi Hulu Hilir Daur Ulang Plastik.

Berkat Kompasiana, Saya Mengenal Bolang

  • Kala itu, ada event Roadshow Kompasiana di salah satu kampus ternama di Kota Malang. Usai acara, Mas Nurulloh, dkk mengadakan Kopi darat (Kopdar), dan terbentuklah komunitas Blogger Kompasiana Malang (Bolang). Awalnya saya hanya diem saja.
  • Ah... Bolang, apa itu? Apa manfaatnya mengikuti Kopdar, nangkring, atau kumpul-kumpul bersama komunitas Bolang? Pikirku saat itu. Eit... tak menyangka, selama bersama Bolang, bersyukur kami mendapatkan award sebagai Best Kompasiana Community di ajang Indonesia Community Day (ICD) yang berlangsung di Yogyakarta (2017). Terima kasih Kompasiana.
  • Kenangan indah berbagi di Pasar Ngasem dalam forum ICD itu tak akan pernah saya lupakan. Bahwa berbagi itu sederhana. Berbagi lewat tulisan itu bermakna. Satu buku kolaboratif berjudul "Bolang Berbagi" yang dihasilkan oleh komunitas, menjadi salah satu penanda kenangan indah di ajang ICD itu. Terima kasih Bolang. Engkau sederhana, tapi tak sesederhana yang saya kira.
  • Di usianya yang ke-9 tahun, semoga Kompasiana segera beranjak dewasa secara managerial. Selamat Ultah, 9Years Kompasiana Beyond Blogging!

Mohon tunggu...

Lihat Konten Lyfe Selengkapnya
Lihat Lyfe Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun