Mohon tunggu...
jurnalrumit
jurnalrumit Mohon Tunggu... Hobi Menulis, Membaca, Menonton

Not Surrender

Selanjutnya

Tutup

Filsafat

Ilmu Filsafat Akan Melenceng Jika Tidak Dipahami dengan Baik?

28 Mei 2020   21:53 Diperbarui: 28 Mei 2020   21:55 8 0 0 Mohon Tunggu...

Hallo sobat jurnalrumit, Sebelum saya melanjutkan, saya ingin melalukan disclaimer dulu nih. saya (penulis) telah bergabung dalam beberapa group filsafat dan salah satu anggota aktif yang selalu diskusi di group filsafat tersebut. di dalam group tersebut banyak pertanyaan yang sangat bagus menurut saya tapi ada beberapa yang menurut saya melenceng aliran ilmu filsafatnya. ingat ya menurut saya (penulis).

melenceng dalam arti apa? ya dalam arti pertanyaan sensitif yaitu pertanyaan seputar spritual yang menurut saya kita manusia tidak mengerti atas pertanyaan tersebut. pertanyaan-pertanyaan tersebut dapat menggiring opini publik menjadi yang baik menjadi tidak baik, yang nyata menjadi tidak nyata, yang percaya menjadi tidak percaya.

jadi saya ingin membahas sedikit seputar filsafat...

filsafat dapat diartikan secara umum yaitu mencintai kebijaksanaan. secara garis besar filsafat, mencari kebenaran dari berbagai teori. setiap bertanyaan dapat dijawab dengan 5w+1h. filsafat telah sudah ada dari beberapa abad yang lalu (sebelum masehi). dapat diartikan filsafat sebagai mother of science. parents of science. secara mendasar filsafat mencakup pengetahuan, akal, dan pikiran.

apa metode filsafat dalam mencari kebenaran?? dengan cara berdiskusi, bertanya, dialektik, dan lain-lain.

Kemanfaatan filsafat

kemanfaatan ilmu filsafat sangat berguna bagi manusia. dalam setiap pertanyaan filsafat mengandung banyak jawaban yang sangat berbobot. dari banyak jawaban tersebut kita dapat mengartikan nya secara sendiri dan membuat kesimpulan secara sendiri yang menurut kita itu yang paling benar dengan kebiksanaan diri sendiri.

Pengertian Filsafat menurut Para Ahli

pengertian filsafat dapat dipahami secara sendiri dengan pemahaman masing. berikut adalah pemahaman pengertian filsafat menurut ahli  

Aristoteles (384-322 SM)

Filsafat adalah ilmu pengetahuan tentang kebenaran yang meliputi logika, fisika, metafisika dan pengetahuan praktis.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x