Mohon tunggu...
M Hafid Yahya
M Hafid Yahya Mohon Tunggu... harta tahta sony alpha

Mahasiswa Ilmu Komunikasi UIN SunanKalijaga (20107030115)

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Alam & Teknologi Pilihan

Indahnya Dusun Butuh yang Bernuansa Nepal

23 April 2021   04:12 Diperbarui: 23 April 2021   13:45 229 5 0 Mohon Tunggu...

Ingin merasakan nuansa liburan ke luar negeri namun terkendala biaya atau semacamnya? tenang,di indonesia ada salah satu tempat yang menyuguhkan wisata seperti di nepal yaitu dusun butuh,kaliangkrik,magelang,jawa tengah. 

Jika dilihat sekilas, tempat ini memang berupa pemukiman rumah penduduk biasa yang berada di kaki gunung sumbing pada ketinggian 1700 diatas permukaan laut.

Tetapi, yang membuatnya menjadi unik adalah kontur dan letak pemukiman warga sekitarnya yang bertumpuk di lereng gunung sehingga menyuguhkan pemandangan yang keren. 

kepala dusun butuh Lilik Setiawan menuturkan cerita soal Dusun butuh yang mirip dengan pedesaan nepal ini mulai muncul pada Juni 2019 lalu. menurut pendaki senior yang merupakan rekan dari lilik yang pernah berkunjung ke nepal mengomentari mengenai Dusun ini yang mirip sekali dengan nepal dan juga mirip dengan pedesaan di rio janerio Brazil. jadi susunan rumahnya alat terasering seperti rumah dibangun beraturan diikuti kontur dari kaki gunung Sumbing dan baru-baru ini secara tepat untuk bulan lalu di sini mulai.Letak pemukiman seperti itu hampir sama dengan yang ada di Pegunungan Himalaya, Nepal.hal ini menyebabkan dusun yang berada di kaki gunung sumbing ini dijuluki sebagai nepal van java

Lokasi dusun ini terletak sekitar 20km dari kota magelang yang dapat ditempuh dengan waktu 45 menit. jalan menuju dusun ini lumayan kecil yang hanya bisa dilewati satu mobil pribadi.

Namun disarankan untuk kesana lebih baik menggunakan sepeda motor saja. medan jalannya pun lumayan curam dan sempit jadi berhati hatilah bagi supir yang ingin menuju ke dusun ini. 

dokpri
dokpri
Untuk biaya tiket masuk pun sangat ramah yaitu cukup 8riburupiah, Kalian juga harus menjaga protokol kesehatan seperti cuci tangan,jaga jarak dan selalu pakai masker saat berkunjung ke dusun ini. namun sayang, saat weekend disana banyak kerumunan orang yang mengabaikan protokol kesehatan.menurut saya lebih baik pengelola disana membatasi wisatawan yang ingin berwisata agar tidak menimbulkan kerumunan.

Untuk mendapat Spot terbaik untuk merasakan sensasi Nepal van java kalian bisa naik ke atas rumah warga yang sudah dijadikan sebagai tempat spot foto dengan biaya 3k. 

Di tempat inilah yang dijadikan tempat untuk berfoto dan video yang viral di jagat sosial media, tapi kalian harus bersabar dan antri untuk mendapatkan foto terbaik. 

Masih ada lagi yang lebih tinggi dari nepal van java namanya yaitu punthuk nepal kalian cukup jalan kaki atau naik ojek untuk sampai puncaknya, Medan yang sangat terjal yang sebaiknya memakai jasa ojek  motor trail. 

punthuk Nepal ini bisa dibilang sebagai gardu pandang paling tinggi yang bisa dijangkau oleh wisatawan tingginya sekitar 1886 mdpl menurut warga setempat, ini masih setengah perjalanan menuju puncak gunung yang mencapai 3371 meter biasanya untuk dijadikan sebagai awal dan perkemahan bagi para pendaki pemandangan dan suasana seperti ini benar-benar mengesankan.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN