Mohon tunggu...
M FurqanHidayatullah
M FurqanHidayatullah Mohon Tunggu... Penulis - pembelajar

"Hidup yang tidak dipertaruhkan, tidak akan pernah dimenangkan" (Sutan Syahrir)

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Pendidik PAUD Dilatih Mengimplementasikan Pembelajaran Berbasis STEAM oleh Dosen UM

15 Agustus 2022   17:35 Diperbarui: 15 Agustus 2022   17:42 83 0 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun

Tim pengabdian masyarakat dari Jurusan Pendidikan Luar Sekolah Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang berhasil memberikan pelatihan kepada para pendidik PAUD agar mahir dalam mengimplementasikan pembelajaran berbasis STEAM. Kegiatan ini dilakukan pada tanggal 6-7 Agustus 2022 yang lalu di Aula PKBM Mentari Perum Sidorahayu, Kecamatan Wagir, Kabupaten Malang. 

Pengabdian ini terus dilakukan oleh para dosen berkat dukungan dari Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Universitas Negeri Malang (LP2M UM). Pengabdian masyarakat menjadi salah satu Dharma dalam Tri Dharma Perguruan Tinggi, sebab melalui kegiatan inilah menjadi sarana mengimplementasikan ilmu dan pengetahuan secara luas.

Ibu Rezka Arina Rahma, S.Pd., M.Pd selaku ketua tim pengabdian masyarakat menuturkan bahwa kegiatan pelatihan kepada para pendidik PAUD kali ini bertujuan untuk mempersiapkan anak didik memiliki jiwa kompetitif dan mampu bersaing secara luas. 

Salah satu metode pembejalaran yang efektif mewujudkan tujuan itu adalah menggunakan pembelajaran berbasis STEAM, pembelajaran berbasis STEAM ini menerapkan pengetahuan dan keterampilan secara bersamaan, sehingga dapat mendorong anak usia dini untuk mampu mengeksplorasi semua kemampuan yang dimiliki dengan caranya masing-masing.

Selain itu pembelajaran STEAM juga memunculkan hasil karya yang dihasilkan dari anak usia dini secara berkelompok yang mana mampu mengasah kemampuan sosio emosional, fisik dan motorik anak serta kognitif anak. 

Pembelajaran pada anak usia dini dapat diterapkan dengan konsep bermain sambil belajar yang terdapat pada pembelajaran STEAM berbasis loose part. Loose part dalam pelaksanaannya mempertimbangkan secara teliti mengenai objek dan lingkungan yang membentuk koneksi pembelajaran serta mengasah daya pemikiran yang kreatif.

Dokpri
Dokpri

Keynote Speaker yang dihadirkan dalam pelatihan ini adalah Ibu Endang Mulyani Putra, S.Pd., M.Pd yang merupakan praktisi dalam bidang Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) dan berpengalaman dalam pengasuhan anak usia dini. Para peserta yang berasal dari pendidik PAUD di Kota Malang ini terlihat sangat antusias mendengar dan memahami materi pembelajaran STEAM berbasis loose part yang disampaikan. 

Para perserta mengungkapkan rasa terima kasih kepada para tim pengabdian, sebab dengan adanya pelatihan ini mereka sangat terbantu untuk mengkreasikan pembelajaran dan meningkatkan keterampilan dalam mengelola kelas.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan