Di tahun 2020, Asosiasi Perangkat Lunak Hiburan (APLH)/Entertainment Software Association (ESA) menguluarkan laporan bahwa industry Game Digital Amerika Serikat menghasilkan ekonomi $40.9 M di tahun 2019 dan memberi tenaga kerja 143.045 kepada banyak orang di Amerika Serikat
Total pendapatan yang dihasilkan di seluruh ekonomi Game Digital berjumlah $35,28 M, termasuk $17,37 M sebagai kompensasi langsung kepada pekerja industri Game Digital (setara dengan $121.459 sebagai kompensasi per pekerja). Angka yang terhitung seprtinya mendukung bahwa Industri Game Digital mempunyai pendapatan tambahan $90.3 M dan nomor itu dapat bertambah semakin lama Indsutri itu berkembang
Alasan ini terjadi karena Game Digital dilihat sebagai sebuah "penyelamat" dalam masa Pandemik Corona ini, bosan? Main Game, tidak bisa kemana-mana? Main Game, tidak bisa menonton film? Main Game dan menurut ESA, laporan ini sudah menghitung semua factor dan variasi Industri Game Digital, dari game "Triple A, Double A, Indie Development, Mobile" dan lebih
"Ini adalah laporan paling komprehensif yang pernah kami lakukan," kata CEO ESA Stanley Pierre-Louis dalam sebuah wawancara dengan GamesBeat. "Kami adalah industri digital yang semakin berkembang dari fisik ke digital. Dan karena pemirsa kami mengharapkan konten untuk disampaikan dalam berbagai cara, itu telah memaksa industri kami selama bertahun-tahun untuk memodernisasi.Dan modernisasi itu menjadi yang terdepan di awal krisis COVID-19. Kami adalah salah satu industri paling awal yang beralih ke bekerja dari rumah. Kami dapat melakukan pivot dengan cara yang tidak dapat dilakukan oleh industri lain. Konsol keluar. Itu adalah bagian dari apa yang benar-benar mendorong pertumbuhan industri yang luar biasa."