Mohon tunggu...
Choirul Rosi
Choirul Rosi Mohon Tunggu... Penulis cerpen yang hobi membaca buku dan novel

Cerita kehidupan yang kita alami sangat menarik untuk dituangkan dalam cerita pendek. 🌐 www.chosi17.com 📧 choirulmale@gmail.com IG : @chosi17

Selanjutnya

Tutup

Karir Pilihan

10 Tips Produktivitas

10 Maret 2020   08:23 Diperbarui: 10 Maret 2020   08:28 82 0 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
10 Tips Produktivitas
sumber :clipartkey.com

Tuhan menganugerahi kita hadiah berupa waktu sebanyak dua puluh empat jam yang sama setiap hari. Namun, bagaimana kita menggunakan jam-jam itu, itulah yang membuat perbedaan. Termasuk dalam  kehidupan dan karir kita. Untuk mencapai posisi terbaik dalam karir kita dibutuhkan sebuah usaha dan disiplin diri. Salah satunya adalah memanfaatkan waktu dan peluang yang ada. Dengan mendayagunakan waktu yang ada sebaik mungkin, kita akan menjadi seorang pribadi yang produktif.

Lantas, bagaimana cara meningkatkan produktivitas untuk mencapai tujuan kita? berikut langkah-langkah sederhana yang bisa kita lakukan :

1. Selesaikan saat itu juga.

Artinya adalah kita harus menyelesaikan tugas atau proyek dari awal hingga selesai pertama kali kita mengerjakan suatu tugas. Jangan membiarkan tugas itu selesai di lain waktu. Karena hal ini akan membuka peluang penundaan yang akhirnya membuat tugas tersebut tidak selesai tepat waktu.

2. Tuliskan

Buatlah To-Do list pekerjaan yang akan kita selesaikan di hari esok. Dengan menyusunnya kedalam catatan, kita akan lebih mudah memantau pekerjaan apa yang harus kita selesaikan dan tidak terjebak dalam banyak pekerjaan yang tidak jelas.

3. Tetapkan Tujuan Kecil

Ketika sebuah tujuan telah dibuat, terkadang kita mengalami kebingungan bagaimana cara mencapai tujuan tersebut. Hal ini disebabkan oleh ketidakjelasan tujuan. Sehingga untuk mengatasinya kita aperlu memecah tujuan itu dalam skala yang lebih kecil, rasional dan terukur.

4. Rencanakan ke Depan

Rencana bisa dibuat di awal, juga bisa dibuat di akhir. Setiap kita selesai melakukan suatu pekerjaan, saat itu juga kita bisa membuat rencana kerja untuk esok hari. Merencanakan pekerjaan hari berikutnya lebih awal dengan cara ini memungkinkan kita untuk mempersiapkan pikiran kita terlebih dahulu untuk pekerjaan hari berikutnya dan juga memungkinkan kita untuk menyelam langsung ke daftar pekerjaan yang harus kita lakukan saat hari kerja dimulai.

5. Jangan Terlalu Berkomitmen

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x