Mohon tunggu...
Choirul Rosi
Choirul Rosi Mohon Tunggu... Penulis cerpen yang hobi membaca buku dan novel

Cerita kehidupan yang kita alami sangat menarik untuk dituangkan dalam cerita pendek. 🌐 www.chosi17.com 📧 choirulmale@gmail.com IG : @chosi17

Selanjutnya

Tutup

Kesehatan Pilihan

Takut? Gak Perlu

11 September 2019   09:03 Diperbarui: 11 September 2019   09:11 0 3 2 Mohon Tunggu...
Takut? Gak Perlu
sumber : stress.org

Pernahkah kamu merasa takut? Hidupmu dipenuhi kecemasan tak beralasan? Menjalani hari demi hari dengan rasa takur memenuhi pikiranmu? Stop... You don't need to worry like that.

Fakta dasar yang harus kamu tahu tentang rasa takut dan ketidakbahagiaan dalam hidupmu adalah bahwa ketakutan dan ketidakbahagiaan yang kamu rasakan berasal dari imajinasi kita sendiri. Pikiran kita sendiri. Semua itu tidak nyata adanya.

Ketika rasa takut atau rasa cemas menyergap, lakukan trik ini :

1. Analisa situasi yang sedang kamu hadapi. Fakta apa yang bisa kamu dapatkan dari rasa takut yang sedang kamu alami sekarang.

2. Terimalah rasa takutmu. Jangan lari. Sadarilah bahwa pikiranmu sekarang sedang takut  / mencemaskan sesuatu.

3. Gunakan waktu dan energimu untuk mengatasinya. Pandanglah rasa takut dan rasa cemasmu dari banyak sudut pandang. Dengan begitu kamu akan menemukan solusi untuk mengatasinya.

 Dan jika kamu beruntung, kamu bisa menjadi individu yang lebih baik setelah kamu berhasil menaklukkan rasa takut dan rasa cemasmu.

Kadangkala kamu merasa kebingungan ketika rasa cemas melanda pikiran. Kamu tidak mengetahui apa sejatinya yang sedang kamu cemaskan/takutkan itu. 

Parahnya, kamu hanya duduk diam tanpa melakukan apapun untuk mengatasi kecemasan dan ketakutan itu. Tenanglah. Itu solusinya. Jangan bingung jangan cemas. Tenangkan dirimu terlebih dulu lalu analisalah situasi yang sedang kamu alami sekarang. Cara ini bisa kamu gunakan untuk menganalisa ketakutan/kecemasanmu :

1. Temukan fakta-fakta yang berhubungan dengan apa yang kamu cemaskan/takutkan. Misal : Apa yang aku takutkan? Mengapa rasa takut ini muncul? Siapa/apa penyebabnya?

2. Setelah kamu mendapatkan faktanya, buatlah keputusan dan tindakan untuk mengatasinya. Misal : Solusi apa yang bisa aku lakukan?

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
KONTEN MENARIK LAINNYA
x