Mohon tunggu...
Shofyan Kurniawan
Shofyan Kurniawan Mohon Tunggu... Freelancer - Arek Suroboyo

Lahir dan besar di Surabaya. Suka baca apa pun. Suka menulis apa pun.

Selanjutnya

Tutup

Film Pilihan

Review Film "Akhirat: A Love Story", Sulitnya Merelakan

13 Desember 2021   15:57 Diperbarui: 13 Desember 2021   16:11 652
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Image: @studioantelope

Timur (Adipati Dolken) berasal dari keluarga Kristen. Sedangkan Mentari (Della Dartian) berasal dari keluarga Islam. Keduanya menjalin cinta secara sembunyi-sembunyi tanpa sepengetahuan teman dan keluarga masing-masing. Mereka tahu, cinta beda agama itu rumit, hingga mereka memilih merahasiakannya entah sampai kapan.

Perlahan keduanya mulai berani buka rahasia kepada keluarga masing-masing. Seperti yang mereka duga, mereka mendapat tentangan meskipun tak secara lugas.

Tetapi suatu malam keduanya mengalami kecelakaan yang membuat mereka koma. Selama koma mereka melihat alam akhirat. Ternyata di alam akhirat pun, cinta mereka terhalang perbedaan agama.

Para Hantu yang Dihantui Penyesalan

Meski menggunakan cinta beda agama sebagai sumber konflik, nyatanya film ini tak melulu membahas itu. Cinta di sini pula tak melulu cinta pada pasangan, melainkan juga cinta pada orangtua, saudara dan anak. Seakan-akan film ini ingin mengatakan, cinta yang satu tak berarti harus mengabaikan cinta lainnya.

Pemahaman itu kita dapat dari perjalanan Timur dan Mentari selama bergentayangan. Selama koma, arwah mereka yang menolak menunggu di alam akhirat, bergentayangan di dunia dan bertemu dengan arwah-arwah lainnya yang juga menolak kembali ke alam akhirat.

Lewat interaksi bersama hantu-hantu lainnya, Timur dan Mentari mendapatkan pemahaman bahwa, "Lebih mudah ditinggalkan, ketimbang meninggalkan." Atau bisa dibilang, lebih mudah direlakan, daripada merelakan.

Yah, hantu-hantu tersebut enggan kembali ke alam akhirat lantaran mereka masih berat hati meninggalkan orang yang mereka sayangi semasa hidup. Motifnya bermacam-macam. Edith, hantu perempuan yang mereka temui di galeri, masih menunggu adik perempuannya meninggal karena semasa hidupnya dia jarang memberi perhatian pada adiknya itu.  Ada juga, hantu pria Chinese dengan anak lelakinya yang cacat akibat keteledorannya di masa lalu.

Penyesalan mereka semasa hidup, membuat mereka tertahan di dunia dan bergentayangan. Dan kisah-kisah mereka itu memberi pilihan pada Timur dan Mentari: Apakah mereka akan bertahan menjadi hantu selamanya dan cinta mereka dapat bersatu tanpa halangan; atau justru menghadapi dunia tanpa penyesalan meski dengan risiko hubungan mereka bakal usai?

Chemistry Adipati Dolken dan Della Dartian

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Film Selengkapnya
Lihat Film Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun